SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (naik kuda kanan) bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia, sebelum kirab SBC di Loji Gandrung, Solo, Kamis(7/7/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang naik kuda bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia, memimpin rombongan kirab budaya G20 dan Solo Batik Carnival atau SBC, Kamis (7/7/2022) sore.

Dalam kirab yang melibatkan puluhan delegasi negara-negara anggota Group of Twenty atau G20 tersebut, Gibran tampil gagah dengan balutan pakaian pangeran prajuritan. Begitu juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka memimpin kirab dengan rute Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo. Sementara para delegasi G20 yang memakai pakai batik didampingi para finalis Puteri Indonesia 2022 naik kereta kencana yang ditarik kuda. 

Wali Kota dan Menteri Investasi naik kuda dari Loji Gandrung sampai Jl Bhayangkara, Solo. Mereka dikawal sejumlah orang berpakaian Gatotkaca. Menteri Investasi memberikan sambutan lalu bersama Gibran melepas para peserta SBC G20 itu menuju Balai Kota Solo.

Salah satu panitia, Daryono, menjelaskan pakaian yang dikenakan Wali Kota Solo dan Menteri Investasi merupakan pakaian pangeran prajuritan. Pakaian itu biasa dipakai pangeran Keraton Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Baca Juga: Begini Euforia Warga Bertemu Delegasi G20 di Kirab Solo Batik Carnival

Puluhan delegasi dan tamu undangan dari berbagai negara itu berada di Solo untuk mengikuti Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Presidensi G20 yang kedua di Kota Solo, 5-7 Juli 2022.

Dibandingkan pertemuan pertama akhir Maret 2022 lalu, kali ini forum itu lebih terbuka. Masyarakat pun menyambut dengan euforia karena bisa berinteraksi langsung dengan delegasi dari berbagai negara itu.

Warga memadati sepanjang Jl Slamet Riyadi dan Jl Jenderal Sudirman, Solo, menunggu para peserta SBC 2022 yang dilepas Gibran melintas. Barisan kirab yang tampil meliputi marching band, puluhan petugas membawa bendera negara-negara G20, dan peserta Solo Batik Carnival 2022.

Baca Juga: Solo Batik Carnival Meriah, Delegasi G20 Keasyikan Belajar Membatik

Para delegasi tampak mengabadikan momen dengan telepon seluler. Mereka tampak antusias melambaikan tangan kepada warga Solo. Warga yang datang di Balai Kota Solo juga bisa berinteraksi langsung dengan para delegasi.

Euforia G20

Berbagai atraksi serta workshop mempersatukan warga lokal dengan para delegasi, antara lain workshop keris, workshop batik, dan pentas musik keroncong. Beberapa delegasi tak sungkan dimintai foto oleh warga.

Warga pun bisa ikut merasakan euforia G20 di Solo. “Seru sih, kami bisa tahu event-nya  seperti apa. Dampak langsung ke masyarakat seperti apa. Kayak kemarin yang pertama tertutup kami enggak bisa merasakan euforianya G20 sendiri,” katanya.

Baca Juga: Mau Nonton Kirab Solo Batik Carnival, Ini Kantong-Kantong Parkirnya

Dia menjelaskan Indonesia menjadi pemegang Presidensi G20 membuat bangga masyarakat. Kegiatan berupa pertunjukan SBC bisa membuat Kota Solo lebih dikenal.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjelaskan ada delegasi dari hampir 30 negara dan enam organisasi internasional terlibat dalam forum di Kota Solo. Indonesia ingin menyampaikan pesan nilai-nilai budaya selalu dipelihara dengan baik.

“Dampaknya adalah kita ingin untuk membuat kesan kepada global bahwa kita belajar demokrasi di negara lain tapi kami tidak pernah mempersoalkan perbedaan-perbedaan yang terjadi karena itu merupakan bagian dari kebesaran bangsa kita dan kita berbeda-beda tetap satu budaya,” paparnya.

Baca Juga: Ini Dua Artis Ibukota Hibur Gala Dinner Delegasi G20 di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan warga tampak antusias dalam rangkaian SBC 2022. Dia berharap para tamu betah di Solo dan Kota Bengawan meninggalkan kesan terbaik. “Ini efek ekonominya sangat berdampak sekali,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya