SOLOPOS.COM - Warga melihat jenazah mantan Wali Kota Solo, Imam Soetopo saat takziah di rumah duka, Jl. KS Tubun, Manahan, Banjarsari, Solo, Senin (11/7/2022). Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo periode 1995-2000 meninggal dunia pada usia 81 tahun karena sakit. Jenazah dimakamkan pada Selasa (12/7/2022) di Pasarean Astana Utara, Nayu, Nusukan, Banjarsari, Solo. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Upacara penghormatan terakhir jenazah Eks Wali Kota Solo, Imam Sutopo berlangsung Selasa (12/7/2022).

Upacara berlangsung di Pendapi Gede Balai Kota Solo. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bertugas sebagai inspektur upacara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hadir pula jajaran TNI, Polri, para ASN, dan keluarga almarhum Imam Sutopo.

Ekspedisi Mudik 2024

Upacara penghormatan dimulai pukul 08.00 WIB. Dalam amanat inspektur upacara, Gibran mewakili masyarakat Solo menyampaikan rasa dukanya atas kepergian almarhum Imam Sutopo.

Gibran mengatakan Imam Sutopo merupakan sosok pemimpin tegas, pinter, dan berkepribadian baik.

“Seluruh masyarakat Kota Surakarta merasa kehilangan seorang tokoh pemimpin tegas, pintar, memiliki kepribadian yang baik,” tutur Gibran.

Ia juga meyampaikan terima kasih atas jasa yang diberikan oleh amarhum Imam Sutopo saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Gibran juga mendoakan agar keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan ketabahan untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan almarhum.

“Untuk itu pada kesempatan ini izinkan kami menyampaikan rasa terima kasih kepada almarhum dan keluarga. Kami mendoakan almarhum diterima amal ibadahnya, dihapus semua dosa dan kesalahannya. Dan kepada keluarga almarhum semoga diberi ketabahan dan keikhlasan,” ucap Gibran dalam sambutannya.

Seusai Gibran menyampaikan amanat, komandan upacara mengintruksikan pasukan untuk mengangkat dan mengantar jenazah ke dalam mobil. Dari tempat persemayaman hingga masuk ke mobil jenazah, pasukan TNI mengiringi kepergian jenazah dengan hormat senjata.

Jenazah diantar menuju Astana Oetara Nayu, Kelurahan Nusukan, Banjarsari pukul 09.00 WIB untuk dimakamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya