SOLOPOS.COM - Kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang kesehatan melalui pembinaan posyandu. (Istimewa/PT Astra International)

Solopos.com, JAKARTA — Festival Kesehatan Astra 2021 hadir dengan semangat membangun pola hidup sehat bersama seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Festival Kesehatan Astra dilaksanakan pada Selasa (16/11/2021) mengusung tema yang sama dengan tema Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, yaitu Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku. Tema itu dapat diartikan sebagai semangat, kerja sama, kolaborasi, dan gotong royong melawan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan Direktur Astra, Gita Tiffani Boer menghadiri Festival Kesehatan Astra 2021. Mereka memberi sambutan secara virtual.

Baca Juga : Program Beasiswa Mahasiswa Wonogiri 2022 Dianggarkan Lagi Rp7,4 Miliar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengapresiasi kegiatan Festival Kesehatan Astra. Muhadjir menyebut kegiatan tersebut memiliki tujuan mulia.

“Saya memberikan apresiasi tinggi terkait Festival Kesehatan Astra 2021. Tujuan mulia, yaitu mengampanyekan gaya hidup sehat kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Sejalan dengan tema hari ini, yaitu Hidup Sehat ala Anak Muda,“ kata Muhadjir melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (16/11/2021).

Hal senada disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Budi menuturkan kunci menjalankan aktivitas sehari-hari di masa pandemi Covid-19 adalah gaya hidup sehat.

menkes bc astra
Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin pada Festival Kesehatan Astra 2021 yang dilaksanakan secara virtual pada (16/11/2021). (Istimewa/PT Astra International)

Baca Juga : Sejarah Stadion Manahan Solo Dulu: Persembahan dari Tien Soeharto

“Saya berterima kasih kepada Astra yang rutin menyelenggarakan kegiatan kesehatan. Hal ini mendorong pembangunan berkelanjutan dengan tujuan mengkampanyekan gaya hidup sehat pada semua lapisan masyarakat. Ini kunci menjalankan aktivitas sehari-hari pada semua kelompok usia, khususnya di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer, menjelaskan Program Astra untuk Indonesia Sehat berfokus pada peningkatan kesehatan ibu, remaja, anak, lingkungan, dan penanggulangan Covid-19. Oleh karena itu, kata Gita, Astra berkomitmen kuat berperan serta dalam perbaikan kualitas
kehidupan masyarakat Indonesia.

“Salah satunya melalui program kontribusi sosial berkelanjutan pada pilar kesehatan. Ini sejalan dengan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia,” tutur dia.

Baca Juga : Pemerintah Resmi Pungut Bea Masuk Pakaian dan Aksesori Impor

Kontribusi Sosial Berkelanjutan

Rangkaian kegiatan Festival Kesehatan Astra 2021 telah dimulai bulan lalu, yakni kegiatan virtual sports. Astra menyelenggarakan kompetisi sepeda hingga lari yang diikuti lebih dari 2.000 peserta.

Astra juga menghadirkan Health Talks dengan tema Hidup Sehat ala Anak Muda. Acara itu menghadirkan narasumber healthy lifestyle influencer Laissti Timuran, dokter dan figur publik Reinita Alin, dan Department Head of CSR Astra Bondan Susilo.

Setiap narasumber mengangkat tema berbeda, yakni bodybuilding, nutrition and healthy lifestyle, dan remaja sehat. Fokus obrolan kesehatan itu segmen anak muda.

Acara juga dimeriahkan pemberian apresiasi kepada anggota binaan berupa Apresiasi Posyandu Nasional Astra 2021, Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA) Innovation Challenge 2021, dan penghargaan pemenang virtual sports pada pre-event Festival Kesehatan Astra 2021.

Baca Juga : Wow! Sampah Plastik Disulap Menjadi BBM di Kudus, Ini Alatnya

Selain itu, Astra juga memberikan kontribusi sosial berkelanjutan di bidang kesehatan yang dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Seperti, pembinaan 133 Kampung Berseri Astra, 2.465 posyandu, 9.881 kader kesehatan (Avicenna), dan 1.559 posyandu telah tergabung dalam aplikasi iPosyandu.

Salah satu fokus baru adalah pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 bersama Grup Astra dan Yayasan Nurani Astra. Kontribusi Astra kepada pelayanan kesehatan di Indonesia itu sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya