SOLOPOS.COM - Rujak Degan khas Solo. (Instagram/@gemakulineran)

Solopos.com, SOLO — Saat Anda berada di Kota Solo tidak ada salahnya untuk mencoba  rujak degan yang segar dan nikmat ini. Apalagi diminum saat terik panas matahari menyengat, tentu dahaga segera hilang.

Rujak ini bukan berarti potongan degan yang diberi bumbu sambal yang pedas. Nama rujak diambil dari potongan-potongan degan yang terdapat pada kuliner ini. Minuman ini sudah jarang ditemui di jantung Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun Anda masih bisa menjumpai rujak degan di warung Mak Wiji yang berlokasi gang depan kampus Politeknik Pratama Mulia. Warung ini bisa dikunjungi saat siang tepatnya dari 12.00 WIB hingga 17.0 WIB. Kuliner ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun di beri es.

Baca Juga: Lezatnya Bakmi Toprak Plus Bakso di Gang Belakang Pasar Mebel Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Berbeda dengan rujak buah yang rasanya pedas karena diberi sambal. Kuliner ini justru rasanya manis lantaran campuran gula jawa.  Harga kuliner menyegarkan ini cuma dibanderol Rp2.000 saja seperti keterangan unggahan video akun Instagram @gemakulineran, Rabu (30/6/2021).

Bahan yang digunakan untuk membuat rujak degan yakni air kelapa muda, gula merah, air, daun pandan dan jahe. Unggahan video dan foto rujak degan ini hingga Selasa (6/7/2021), mendapatkan ribuan like dan puluhan komentar netizen.

Netizen pun menyebut jika kuliner yang menyegarkan ini susah ditemukan. “Rujak degannya di makan panas-panas wah segar banget, susah nyari minuman jadul gini,” Komentar pengguna akun @selvialiem10.

Baca Juga: Nikmatnya Kopi Santan Khas Blora Favorit Pejabat

Bahkan ada netizen yang tidak mengetahui adanya minuman jaman dulu ini. “Baru tahu ada minuman kayak gitu,” tulis pengguna akun @diangetho.

Selain kuliner rujak degan, warung ini juga menyediakan kuliner lain khas Kota Solo seperti bakmi toprak, kolak pisang, brambang asem, gado-gado, dan lotek.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MAS GE | FOODIES SOLO (@gemarkulineran)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya