SOLOPOS.COM - Klarifikasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenai penyebutan Solo sebagai lokasi insiden pelecehan seksual JKT48. (Instagram @gibran_rakabuming)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kegeramannya atas pemberitaan mengenai insiden pelecehan seksual terhadap personel JKT48 yang disebut terjadi di Solo.

Melalui akun Instagramnya, @gibran_rakabuming, Minggu (3/7/2022), putra sulung Presiden Jokowi itu meluruskan bahwa peristiwa itu terjadi bukan di mal Kota Solo, melainkan Sukoharjo. “The Park Mall itu Sukoharjo, bukan Solo!” tulis Gibran di unggahan akun Instagramnya tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ada tiga unggahan Gibran dengan materi yang sama. Ketiganya mencantumkan artikel berjudul “Tur JKT48 Di Solo Tercoreng Insiden Pelecehan Saat Menuju Pulang.” Artikel itu diambil Gibran dari akun Instagram @lokalconnect.

Dalam artikel itu diinformasikan kejadian pelecehan seksual terhadap personel JKT48 itu terekam oleh salah satu pengguna Tiktok. Disebutkan bahwa dalam video itu tampak salah satu penonton menyodorkan tangannya ke arah bagian dada personel JKT 48 saat tur Kota Solo, 28 Juni lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hal ini menjadi perhatian saya, lantaran beberapa waktu belakangan group JKT48 diduga mengalami pelecehan seksual saat konser di mall yang menurut judul artikel terjadi di Solo,” tulis Gibran di unggahan akun Instagramnya.

Baca Juga: Wikipedia Sebut Persis Solo Fans JKT48, Dibajak?

“Namun sebenarnya kejadian tersebut bukan di mall Solo, namun pusat perbelanjaan di Kabupaten Sukoharjo @pemkabsukoharjo. Tentu bagaimana pun, perbuatan ini tidak bisa dibenarkan,” lanjutnya.

Minta Maaf

Gibran berharap kejadian serupa tidak terjadi di daerah-daerah lain. Sementara itu, berdasarkan pengamatan Solopos.com di akun Instagram @lokalconnect, unggahan berisi artikel mengenai kasus pelecehan yang dialami JKT48 di The Park Mall sudah tidak ada.

Namun, akun tersebut pada Minggu mengunggah klarifikasi dari Gibran disertai tanggapan mengenai klarifikasi tersebut. Disertakan pula jadwal tur JKT48 yang menyebutkan acara berlangsung di The Park Solo.

Baca Juga: Shania, Artis Kelahiran Solo yang Pernah Jadi Anggota JKT48

“Menanggapi unggahan dari Walikota Solo, Mas Gibran (@gibran_rakabuming) mengenai salah satu postingan kami. Sebelumnya, kami selaku tim LokalConnect meminta maaf jika terdapat misinformasi mengenai penyebutan kata Solo didalam unggahan kami yang seharusnya Sukoharjo, Mengenai insiden tour JKT48,” tulis pengelola akun LokalConnect, Minggu.

Pengelola akun tersebut melanjutkan akan melakukan peninjauan kembali jika ingin memberikan informasi ke publik. Pengelola akun menyebut sebelumnya isu mengenai pelecehan seksual ini telah berkembang di ranah media sosial Tiktok dan ramai diperbincangkan oleh para penggemar JKT48 di Twitter.

“Terlepas dari kesalahan penyebutan nama kota disini, kami berharap kejadian serupa yang terjadi di tour JKT48 tidak terjadi lagi,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya