SOLOPOS.COM - Warga melakukan vaksinasi di gerai vaksin pos pengamanan depan TPR Parangtritis pada Jumat (31/12/2021) malam. (Harian Jogja/Catur Dwi Janati)

Solopos.com, BANTUL — Polres Bantul membuka gerai vaksin Covid-19 di depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis sejak Jumat (24/12/2021) hingga Minggu (2/1/2021) selama 24 jam.

Masyarakat memanfaatkan gerai vaksin Covid-19 di objek wisata Pantai Parangtritis untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua Covid-19 maupun vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sasaran vaksinasi Covid-19 tidak hanya pengunjung objek wisata Pantai Parangtritis tetapi juga warga sekitar tempat wisata. Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, menjelaskan gerai vaksin merupakan inovasi Polres Bantul sesuai tema Operasi Lilin tahun ini.

Baca Juga : Malam Tahun Baru di Parangtritis, Ramai Pengunjung Tapi Sepi Pembeli

Operasi tahun ini tidak hanya menekankan tertib berkendara namun juga taat protokol kesehatan. “Bagaimana masyarakat tertib berlalu lintas juga tertib menaati protokol kesehatan untuk mencegah persebaran Covid-19. Kami berinisiatif membangun gerai vaksin di TPR Parangtritis,” tutur Ihsan, Jumat (31/12/2021).

Ia optimistis gerai vaksin Covid-19 di lokasi objek wisata Pantai Parangtritis menjadi langkah percepatan vaksinasi Covid-19 di akhir tahun 2021 dan awal 2022. “Harapannya masyarakat yang belum vaksin, kami persilakan. Ayo vaksin di sini gratis dan kami siapkan 24 jam,” ujarnya.

Gerai vaksin Covid-19 dibuka sejak Jumat (24/12/2021) hingga Minggu (2/1/2021). Ihsan menjelaskan rata-rata masyarakat yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di gerai tersebut mencapai 100 orang per hari.

Baca Juga : Pengunjung PKL Kartini Sragen Bubar Jelang Pergantian Tahun, Kenapa?

“Kebetulan kan yang berwisata juga banyak anak-anak. Kami tawarkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Vaksinasi Covid-19 anak-anak juga disiapkan, Sinovac. Umur enam sampai sebelas tahun. Anemo luar biasa, baik dari masyarakat luar Bantul maupun Bantul itu sendiri,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut dia, wisatawan luar daerah yang baru melakukan vaksinasi dosis pertama di gerai vaksin itu bisa melakukan vaksinasi dosis kedua di daerah masing-masing. Di sisi lain, khusus warga Bantul yang melaksanakan vaksinasi dosis pertama di gerai vaksin itu diarahkan melakukan vaksinasi dosis kedua di Polres Bantul.

“Ini kami siapkan untuk masyarakat. Ayo yang mau vaksin silahkan manfaatkan gerai vaksin pospam Parangtritis,” katanya.

Baca Juga : Mobil Listrik Solo Gagal Jalan Gegara Hujan, Penumpang Gigit Jari

Salah satu pengunjung yang melakukan vaksinasi Covid-19 di gerai vaksin TPR Parangtritis, Anggara, mengaku terbantu dengan keberadaan gerai vaksin tersebut karena buka hingga malam.

“Bagus [ada gerai vaksin]. Soalnya masyarakat bisa lebih tahu kalau di sini ada vaksinasi Covid-19. Lebih cepat, lebih praktis,” ujarnya.

Ia mengaku tidak sempat datang ke puskesmas atau rumah sakit pada pagi hingga sore hari karena bekerja. “Waktunya enggak sampai. Kalau gerai vaksin Covid-19 buka 24 jam begini lebih praktis. Sengaja datang kesini, enak. Antre enggak begitu banyak.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya