Gerah Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Atasi Dengan Hal-Hal Berikut
Solopos.com|umum

Gerah Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Atasi Dengan Hal-Hal Berikut

Cuaca panas yang ekstrem di awal musim penghujan ini mengakibatkan kelelahan dan keringat berlebih yang membuat hari tidak menyenangkan.

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar wilayah Indonesia sedang dilanda cuaca panas yang ekstrem di awal musim penghujan ini. Hal ini tentunya menggangu aktivitas, mengakibatkan kelelahan dan keringat berlebih yang membuat hari menjadi tidak menyenangkan.

Sebenarnya, fenomena ini adalah hal alamiah yang sering masa pancaroba atau pergantian musim. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), panas menyengat ini terjadi akibat gerak semu matahari yang saat ini berada di bagian selatan Khatulistiwa. Alhasil radiasi matahari yang masuk cukup optimum. Hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34– 37,5 derajat Celcius.

Sebagian orang mungkin bisa bertahan dengan cuaca ekstrem yang menimpa Indonesia. Namun, tak sedikit masyarakat yang tidak memiliki kemampuan fisik untuk menahan cuaca panas tersebut. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya mengingat kemampuan resistansi seseorang terhadap panas matahari berbeda satu sama lainnya.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi cuaca terik yang menghantui aktivitas sehari-hari. Tentunya cara ini sangat berguna untuk melawan cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia saat ini. Melansir dari okezone.com belum lama ini, berikut cara agar tetap nyaman menghadapi cuaca panas.

Kabar Gembira, Guru Honorer Bakal Dapat BLT Rp1,8 Juta

Minum banyak air

Mengonsumsi banyak air merupakan cara paling efektif yang bisa di lakukan dalam kondisi cuaca panas. Rajinlah minum air putih bahkan jika tidak dalam kondisi haus. Kemudian, lebih baik untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau banyak gula.

Perhatikan cara berpakaian

Mengenakan pakaian longgar, ringan, dan berwarna terang merupakan solusi efektif untuk mengatasi cuaca panas. Coba pertimbangkan untuk menggunakan pakaian berbahan dasar kapas, agar mampu menyerap kelembapan ekstra dan membantu tubuh menjadi dingin.

Istirahat cukup

Batasi aktivitas luar ruangan pada pagi dan sore hari ketika cuaca berangsur lebih dingin. Istirahatlah di tempat yang teduh dan sebisa mungkin jauhi kontak dengan matahari secara langsung. Jangan memaksakan diri, tubuh kalian akan memberi tahu kapan waktunya harus beristirahat.

Gunakan benda yang dapat menghalau sinar matahari

Gunakan tabir surya, kacamata hitam dan topi longgar. Tabir surya dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mendinginkan diri dan dapat menghambat dehidrasi.

Konsumsi Kunyit Berlebihan Bisa Picu Mual Hingga Alergi

Konsumsi makanan ringan

Konsumsi makanan ringan saat cuaca panas sangat dianjurkan. Sebab, mengonsumsi makanan berat menambah lebih banyak panas saat tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Memastikan udara mengalir

Ventilasi adalah kunci agar tubuh tetap terasa sejuk. Jika kamu memiliki kipas angin, arahkan ke jendela yang terbuka dan taruh kasur di antaranya. Dengan cara itu, angin akan tetap mengalir ke dalam kamar Anda.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago