SOLOPOS.COM - Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pengunjung saat membuka sentra vaksinasi Covid-19 di Taman Kartini, Kota Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan mendekatkan pos atau setra vaksinasi Covid-19 hingga lingkungan rukun tetangga (RT).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyampaikan komitmen mengejar capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. ”Untuk cakupan vaksinasi dosis pertama telah menjangkau sekitar 77,24 persen atau 599.214 orang tervaksin. Dosis kedua 69,52 persen atau 539.302 orang,” papar Bupati seperti dilansir website Pemerintah Kabupaten Sragen, Kamis (25/11/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rata-rata capaian Kabupaten Sragen 73,70 persen atau 1.143.557 masyarakat Sragen sudah tervaksin Covid-19. Bupati berharap Sragen segera tuntas atau 100 persen warga mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca Juga : Niat Cari Sayur, Warga Lemahireng Boyolali Malah Temukan Mortir

Salah satu terobosan yang dilakukan Pemkab Sragen untuk mengejar target adalah mendekatkan pos atau sentra vaksinasi Covid-19 hingga tengah lingkungan warga, yakni tingkat rukun warga (RW) dan RT.

Selain itu, Pemkab Sragen juga melakukan strategi door to door dari rumah warga hingga pusat keramaian. ”Alhamdulillah ada peningkatan dosis pertama, terutama lansia. Kalau capaian vaksinasi [Covid-19] berdasarkan kartu tanda penduduk [KTP] sudah di atas 87 persen. Ya, kami tetap berusaha terus. Sekarang fokus pada dosis kedua supaya selisihnya tidak banyak antara dosis pertama dan dosis kedua,” ungkap Bupati.

Contoh upaya percepatan vaksinasi Covid-19 secara door to door atau jemput bola dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM). Dinkes dan Dinkop UKM menggelar vaksinasi Covid-19 di sentra kuliner Taman Kartini, Kota Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam.

Baca Juga : 4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Kegiatan di Taman Kartini Sragen itu kali ketiga dilakukan. Anemo masyarakat meningkat. Pada kali pertama hanya mendapatkan 6 orang, kali kedua 63 orang, dan kali ketiga 98 orang. Rencana, vaksinasi Covid-19 di Taman Kartini akan terus dilakukan setiap Sabtu malam hingga tuntas.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sragen, Sri Subekti, menjelaskan sudah menyosialisasikan vaksinasi gratis Covid-19 di Taman Kartini lewat media sosial. Pihaknya sengaja menjaring calon peserta di pusat kerumunan karena warga belum tentu mau datang ke sentra vaksinasi Covid-19.

“Sasaran kami masyarakat umum dan nakes. Untuk Sabtu kedua ini, vaksin yang disuntikan jenis Pfizer, Sinovac, dan Moderna. Itu untuk dosis pertama dan kedua,” tutur dia.

Baca Juga : Miris, Tokoh Agama di Padang Dilaporkan Sodomi 5 Bocah

Dinkes Sragen menyiapkan 100 dosis vaksin Covid-19 untuk Sinovac, Pfizer, maupun Moderna. “Kami santai. Seadanya warga yang ingin vaksin [Covid-19] dilayani. Kami memang sudah tiga kali di Taman Kartini. Publikasi lewat media sosial itu penting. Sementara ini kami menghabiskan Pfizer karena jangka waktu Pfizer hanya 31 hari.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya