Geng QZRUH di Kota Jogja Bermetamorfosis Jadi Kelompok Sosial Humanis

QZRUH yang beberapa dekade lalu jamak muncul dengan grafiti di jalanan ”Q-ZRUH” atau ”QZR” adalah nama geng anarkistis di Kota Jogja. Kini mereka mengubah citra negatif itu melalui aneka kegiatan sosial.
SHARE
Geng QZRUH di Kota Jogja Bermetamorfosis Jadi Kelompok Sosial Humanis
SOLOPOS.COM - Desain perkantoran di kawasan inti ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur. (ikn.go.id)

Solopos.com, SOLO — QZRUH yang beberapa dekade lalu jamak muncul dengan grafiti di jalanan ”Q-ZRUH” atau ”QZR” adalah nama geng anarkistis yang legendaris di Kota Jogja dan sekitarnya. Geng ini sangat terkenal pada era 1980-an hingga 1990-an.

Dulu kebiasaan geng QZRUH yang menghimpun para remaja dan pemuda ini adalah kontak fisik, tawuran, bikin keributan. QZRUH adalah Qita Zuka Ribut untuk Hiburan. Dari rangkaian kata kepanjangan akronim QZRUH sudah tergambar jelas niat dan tujuan geng ini: membuat keributan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Nama geng ini secara langsung identik dengan membikin keributan sekadar untuk hiburan. Gerombolan ini menjadi salah satu dari sejumlah geng legendaris di Kota Jogja. QZRUH pernah dominan di dunia kekerasan jalanan di Kota Jogja.

Kini mereka dengan dukungan penuh QZRUH Reborn berusaha keras mengubah citra negatif itu menjadi lebih humanis lewat aneka kegiatan sosial. Kisah selengkapnya di Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mendorong daerah Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menjadi kawasan herbal tourism. Sebanyak 32,98% masyarakat di Jawa Tengah masih melestarikan serta memanfaatkan pelayanan kesehatan tradisional.

Hal itu terungkap dalam hasil Riset Kesehatan Dasar Jawa Tengah 2018-2023 yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Badan Litbang Kesehatan Jateng pada 2019. Hasil riset itu membuktikan  masyarakat Jawa Tengah masih cukup akrab dan sering memanfaatkan layanan kesehatan tradisional. Layanan kesehatan tradisional itu bisa dilakukan secara mandiri sehingga tidak membutuhkan biaya.

Contohnya, jika ada salah seorang anggota keluarga kelelahan, warga biasa memijat secara mandiri atau membuat ramuan tradisional secara mandiri. Ramuan tradisional itu bisa diolah dari hasil berkebun di pekarangan rumah. Kisah lebih lengkap bisa dibaca di Melihat Potensi Medical Tourism di Jawa Tengah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat masih menunggu perintah Presiden Joko Widodo dan alokasi biaya untuk memulai pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di bakal lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan IKN telah diawali persiapan dan perencanaan. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menunggu perintah Presiden Jokowi dan penyediaan anggaran dari Kementerian Keuangan untuk mulai membangun kawasan inti IKN. Cerita lengkap bisa dibaca di Pembangunan Kawasan Inti Ibu Kota Baru Masih Menunggu Alokasi Biaya.

VinFuture Prize menghargai terobosan penelitian ilmiah dan inovasi teknologi untuk manusia dan kemanusiaan. VinFuture Prize diselaraskan dengan satu atau lebih Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs) yang dirumuskan Perserikata Bangsa-Bangsa (PBB).

Hadiah untuk saintis yang diberitakan Yayasan VinFuture yang berbasis di Hanoi, Vietnam, ini didasarkan pada pengakuan terhadap dampak kehidupan nyata yang telah terbukti. Para pemenang mendemonstrasikan terobosan inovasi dalam sains dan teknologi.

Terobosan itu berfokus pada mendorong perubahan yang bermakna dan terukur melalui peningkatan kesehatan, kemakmuran, produktivitas, kesetaraan, dan keberlanjutan. Sains, teknologi, ilmu pengetahuan, inovasi, penelitian, dan pengembangan harus bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Silakan membaca duduk perkaranya di “Nobel Vietnam” untuk Terobosan Sains dan Teknologi bagi Kemanusiaan.

Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), organisasi masyarakat sipil yang membela hak-hak digital, meluncurkan platform untuk melaporkan terjadinya pelanggaran hak-hak digital di Indonesia.

Platform daring dengan alamat https://aduan.safenet.or.id itu diharapkan menjadi media bagi publik untuk mendukung advokasi hak-hak digital. Banyaknya pelanggaran hak-hak digital belakangan ini mendorong SAFEnet membangun platform daring yang bisa menjadi saluran bersama bagi publik untuk melaporkan setiap pelanggaran yang mereka alami atau saksikan.

”Dengan adanya platform aduan daring ini korban pelanggaran hak-hak digital tidak perlu lagi kebingungan ke mana harus melapor saat membutuhkan bantuan,” kata Direktur Eksekutif SAFEnet, Damar Juniarto, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (22/1/2022). Penjelasan lengkap bisa dibaca di SAFEnet Luncurkan Platform Pengaduan Pelanggaran Hak-Hak Digital.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri di kanal Espos Plus agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago