SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO – Penganggaran yang berperspektif gender sudah menjadi tuntutan menyusul keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 15/2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun demikian, diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Suharto yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Solo, mengakui sejauh ini penganggaran APBD Solo belum maksimal dalam menerapkan aturan itu. Hal tersebut dikatakan Budi, saat diwawancarai seusai membuka acara sosialisasi penganggaran responsif gender Kota Solo tahun 2012 yang digelar di Balai Tawangpraja Kompleks Balaikota Solo, Jumat (20/4/2012).

“Sebenarnya sudah ada perhatian terhadap perspektif gender dalam penyusunan anggaran. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan,” ujarnya. Budi mengingatkan penganggaran hanyalah sektor kecil dari upaya meningkatkan kesetaraan gender. Masih ada sektor-sektor lain yang juga penting. Selain itu, bahwa gender yang dimaksudkan dalam hal itu bukan berarti membela kepentingan perempuan semata tetapi lebih pada penyetaraan yang berkeadilan serta menempatkan sesuai proporsinya.

Sosialisasi diikuti oleh 100-an peserta dari kalangan SKPD. Dari sosialisasi itu diharapkan setiap SKPD bisa mengevaluasi dan menginventarisasi seberapa jauh penganggaran mereka sudah responsif gender.

Ada dua pembicara yang dihadirkan, yakni Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nugraheni dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Gender (P3G) serta Kabid Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB). Dikatakan bahwa isu-isu gender seharusnya sudah dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), termasuk data-data yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya