SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak muda Indonesia (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Jumlah Gen Z dan milenial di Indonesia merupakan generasi yang paling dominan. Hal itu tercermin dalam hasil Sensus Penduduk 2020 terkait komposisi penduduk Indonesia berdasarkan generasi.

Dari hasil Sensus Penduduk 2020 yang dirilis BPS di laman resmi mereka, Kamis (21/1/2021), disebutkan proporsi Generasi Z sebanyak 27,94 persen dan Generasi Milenial sebanyak 25,87 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 270,20 juta orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada 1981-1996 atau saat ini diperkirakan berusia 24-39 tahun. Sedangkan Gen Z adalah generasi yang lahir pada 1997-2012 atau saat ini berusia sekitar 8-23 tahun.

BPS menyebut berdasarkan komposisi penduduk Indonesia ini, kedua generasi ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Dituding Terlibat Penipuan Jual Beli Tanah, Wakil Bupati Klaten Terpilih Yoga Hardaya Membantah

Dari sisi demografi, seluruh Generasi X dan Generasi Milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada 2020.

Sedangkan Generasi Z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif. Sekitar tujuh tahun lagi, seluruh Generasi Z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif.

Komposisi penduduk Indonesia berdasarkan generasi
Komposisi penduduk Indonesia berdasarkan generasi (BPS)

”Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Indonesia,” tulis BPS sebagaimana dikutip Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Warga Kembalikan Muatan Truk Tronton yang Kecelakaan di Tawangmangu

Sedangkan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan kelompok umur masih didominasi usia produktif yaitu 15-64 tahun. Persentase penduduk usia produktif (15–64 tahun) terus meningkat sejak 1971.

Bonus Demografi

Pada 1971 proporsi penduduk usia produktif adalah sebesar 53,39 persen dari total populasi dan meningkat menjadi 70,72 persen di 2020.

Perbedaan antara persentase penduduk usia produktif dan nonproduktif (0–14 tahun dan 65 tahun ke atas) terlihat lebih tajam di 2020.

”Persentase penduduk usia produktif yang lebih besar dibandingkan penduduk usia nonproduktif tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih berada pada era bonus demografi.”

Baca juga: Positif Terpapar Corona, Doni Monardo Ternyata Belum Divaksin Covid-19

Komposisi penduduk Indonesia berdasarkan jenis kelamin yang dirilis BPS adalah 136,66 juta orang atau 50,58 persen dari penduduk Indonesia adalah laki-laki dan penduduk perempuan di Indonesia sebanyak 133,54 juta orang, atau 49,42 persen dari penduduk Indonesia.

Sementara itu, hasil Sensus Penduduk 2020 juga mencatat kepadatan penduduk Indonesia sebanyak 141 jiwa per kilometer persegi. Sebaran penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya