SOLOPOS.COM - Petugas kepolisian mengecek kondisi sejumlah rumah warga yang rusak akibat gempa yang terjadi di kawasan Pahae Jae, Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu (1/10/2022). (ANTARA/HO-Humas Polres Tapanuli Utara/wpa/tom.)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.0 yang mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara telah menyebabkan 962 rumah rusak.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyampaikan hal itu melalui siaran pers, Minggu (2/10/2022). Gempa bumi menyebutkan seorang warga meninggal dunia, 24 orang luka-luka, dan 962 jiwa terdampak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Abdul Muhari mencatat kerusakan infrastruktur lain, meliputi 67 rumah ibadah, 2 unit gedung layanan kesehatan, 17 sarana pendidikan, 25 gedung pemerintahan, 22 titik ruas jalan, 12 titik tembok penahan tanah longsor, 9 unit jembatan, 32 saluran irigasi, satu lokasi wisata, dan 9 fasilitas air bersih.

Tim Kedeputian Penanganan Darurat BNPB juga dikerahkan ke lokasi gempa untuk penanganan darurat pada Minggu. Tim yang dipimpin Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, tersebut mendapat perintah dari Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.

Selain dukungan penanganan darurat, BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) untuk pemulihan bencana.

Baca Juga : Gempa Bumi Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar Sarulla

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU, 98,83° BT atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Gempa bumi Tapanuli Utara terjadi pada kedalaman 10 km. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya