SOLOPOS.COM - Titik lokasi gempa di Haiti (Detik.com-dok. Istimewa)

Solopos.com, HAITI — Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,2 mengguncang Haiti. Gempa itu memicu peringatan potensi terjadinya tsunami.

Dilihat dari situs earthquake.usgs.gov, titik pusat gempa tersebut terlihat berada di darat. Bahkan gempa yang memicu peringatan tsunami tampak berada di sisi barat Haiti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Jam Kerja Fleksibel ala Finlandia: Gaji Tetap Tinggi, Pekerja Lebih Bahagia

Sementara itu, dilansir dari Reuters, Sabtu (14/8/2021), gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa dilaporkan berada pada jarak 8 kilometer dari kota Petit Trou de Nippes, Haiti. Atau hanya 150 kilometer dari Ibu Kota Port-au-Prince.

Sistem Peringatan Tsunami A.S pun mengeluarkan peringatan tsunami pasca gempa tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Little Boy-Fat Man, Bom Atom yang Meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki

Sementara itu, Layanan Perlindungan Sipil Haiti mengatakan di Twitter ada laporan awal tentang kemungkinan korban dari timnya. Berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, yang belum bisa diverifikasi kebenarannya oleh Reuters, tampak rumah dan bagian dari gereja di kota terdekat Jeremie hancur menjadi puing-puing.

“Di lingkungan saya, saya mendengar orang-orang berteriak. Mereka terbang di luar,” kata warga Port-au-Prince Sephora Pierre Louis, seraya menambahkan bahwa dia masih dalam keadaan syok.

“Setidaknya mereka tahu untuk pergi ke luar. Pada 2010, mereka tidak tahu harus berbuat apa. Orang-orang masih di luar di jalan.” lanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya