Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gempa M 6,2 Guncang Jember dan Malang, BPBD: Tidak Ada Kerusakan

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 di Jember turut dirasakan masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).
SHARE
Gempa M 6,2 Guncang Jember dan Malang, BPBD: Tidak Ada Kerusakan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, MALANG — Gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Jember dan Malang, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (6/12/2022) siang. Meski gempa tersebut cukup besar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebutkan tidak ada kerusakan di wilayahnya yang diakibatkan gempa tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Fuad Fauzi, mengatakan hingga satu jam lebih pascagempa, pihaknya tidak mendapatkan laporan kerusakan yang terjadi di Kabupaten Malang. “Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa. Kondisi di Kabupaten Malang, aman,” ujar Fuad.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Jember dan Malang sekitar pukul 13.07 WIB. Titik pusat gempa itu berada di 223 kilometer (km) arah selatan, Kota Jember, Jawa Timur, dengan kedalaman sepuluh kilometer. Gempa tersebut berada di koordinat 10,70 derajat Lintang Selatan, 113,38 derajat Bujur Timur.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen dan Sumberpucung dengan skala intensitas II MMI (getaran nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Salah satu warga Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Eddy Santoso, mengatakan bahwa getaran gempa dirasakan kurang lebih selama beberapa detik. Getaran gempa terasa ringan dan bukan merupakan guncangan yang cukup keras.

Baca juga: BMKG: Gempa M 6,2 di Jember Jatim Karena Patahan Batuan Zona Outerise

“Sempat terasa goyangan kecil pada saat terjadi gempa. Gempa dirasakan bukan yang keras, hanya sekitar 2-3 detik,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari BPBD Kota Malang dan BPBD Kota Batu juga menyatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait dampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode