SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, MALANG — Gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Jember dan Malang, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (6/12/2022) siang. Meski gempa tersebut cukup besar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebutkan tidak ada kerusakan di wilayahnya yang diakibatkan gempa tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Fuad Fauzi, mengatakan hingga satu jam lebih pascagempa, pihaknya tidak mendapatkan laporan kerusakan yang terjadi di Kabupaten Malang. “Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa. Kondisi di Kabupaten Malang, aman,” ujar Fuad.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Jember dan Malang sekitar pukul 13.07 WIB. Titik pusat gempa itu berada di 223 kilometer (km) arah selatan, Kota Jember, Jawa Timur, dengan kedalaman sepuluh kilometer. Gempa tersebut berada di koordinat 10,70 derajat Lintang Selatan, 113,38 derajat Bujur Timur.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen dan Sumberpucung dengan skala intensitas II MMI (getaran nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Salah satu warga Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Eddy Santoso, mengatakan bahwa getaran gempa dirasakan kurang lebih selama beberapa detik. Getaran gempa terasa ringan dan bukan merupakan guncangan yang cukup keras.

Baca juga: BMKG: Gempa M 6,2 di Jember Jatim Karena Patahan Batuan Zona Outerise

“Sempat terasa goyangan kecil pada saat terjadi gempa. Gempa dirasakan bukan yang keras, hanya sekitar 2-3 detik,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari BPBD Kota Malang dan BPBD Kota Batu juga menyatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait dampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya