SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gempa bumi magnitudo (M) 2,9 dirasakan sejumlah warga di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dan Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan pada Senin (1/11/2021).

Data yang dihimpun Solopos.com dari website Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di darat, tepatnya 18 kilometer (km) barat daya Kabupaten Magetan. Gempa tersebut berada di kedalaman 14 km.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Wake Up Call Bencana Dampak La Nina dan Ancaman Terhadap Ekonomi Kita

BMKG menjelaskan gempa terjadi pukul 07.46.35 WIB. Titik koordinat gempa berada pada 7.72 Lintang Selatan (LS) hingga 111.19 Bujur Timur (BT). BMKG juga menyampaikan gempa bumi dirasakan hingga ke Kecamatan Tawangmangu dan Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Ismugiyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, membenarkan dampak gempa yang berpusat di barat daya Magetan itu. Tetapi, Is, sapaan akrabnya, melaporkan tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut.

“Enggak ada [kerusakan]. Sejumlah warga memang menyampaikan merasakan gempa. Misalnya, warda di Kalisoro. Tetapi menurut mereka getarannya tidak lama. Kalau saya pribadi tidak merasakan. Ini posisi saya ada di Sekipan,” ujar Is saat dihubungi Solopos.com, Senin (1/11/2021).

Baca Juga : Unik! Ayam di Sedayu Ini Bisa Deteksi Gempa dan Gunung Meletus

Ketua relawan lintas Tawangmangu (Realita), Trisno, menuturkan gempa terasa di sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Tawangmangu, seperti Desa Gondosuli dan Kelurahan Blumbang. “Gondosuli dan Blumbang itu merasakan gempa jam 07.40 WIB. Cuma di situ saja yang terasa. Tapi tidak lama,” kata dia.

Hal senada disampaikan Sukarelawan Sigab Solopeduli, Yudha, menuturkan sejumlah warga di Kecamatan Plaosan merasakan getaran gempa, tetapi tidak terlalu lama. “Ada teman di Plaosan mengabari kalau merasakan gempa. Dia pas tiduran lalu terasa bergetar. Hitungan detik saja, tidak lama. Tetapi memang terasa karena pas tiduran. Informasi yang saya terima tidak ada kerusakan akibat gempa,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya