SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA–Gempa berkekuatan besar 7,2 SR melanda Filipina. Enam orang dilaporkan tewas akibat bencana ini.

Seperti dilansir dari Reuters dan dikutip detik.com, Selasa (15/10/2013), keenam orang itu diperkirakan tewas akibat tertimpa bangunan-bangunan yang runtuh. Radio di Filipina menyebut, empat orang meninggal di pulau Bohol yang berjarak 400 km dari Manila.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dua orang lainnya tewas di dekat kawasan Cebu. Di kawasan ini, ada dua bangunan yang tak terlalu tinggi roboh. Laporan kerusakan lainnya juga diterima di kawasan Bohol.

Menteri Transportasi Filipina Joseph Emilio Abaya mengatakan, bagian dari pelabuhan Tagbilaran di Bohol juga mengalami kerusakan yang lumayan parah. Hingga saat ini, petugas masih mendata jumlah bangunan dan korban yang ada akibat gempa ini.

Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter terjadi di timur Balilihan atau 21 km tenggara Tibigan, Region Central Visayas, Filipina. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Dari informasi yang diteruskan Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa terjadi pukul 07.12 WIB. Pusat gempa berada di daratan di Pulau Bohol.

Gempa ini dirasakan sangat kuat. Intensitas guncangan gempa dirasakan berskala VII MMI (sangat kuat) terjadi di Kota San Isidro, Danao, Loay, San Pascual, Jandayan, dan San Agustin.

Sedangkan guncangan gempa berintensitas V-VI MMI (sedang hingga kuat) terjadi di Kota Cebu, Cagayan de Oro, Cotabato, dan Iloilo. Kota-kota tersebut terdapat di Pulau Bohol, Pulau Cebu, Pulau Negros, Pulau Leyte dan pulau Pulau Mindanau bagian utara.

Diperkirakan kota-kota tersebut adalah kota yang terpapar oleh guncangan gempa terberat. Jumlah penduduk di radius 100 km dari pusat gempa terdapat sekitar 4,59 juta jiwa. Hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan.

Peringatan dini tsunami telah dikeluarkan. Peta penjalaran dan waktu tsunami telah dikeluarkan. Beberapa kawasan di Filipina diperkirakan terlanda tsunami.

Berdasarkan peringatan dini tsunami yang dikeluarkan Pacific Disaster Center yang diterima Posko BNPB, diperkirakan daerah Indonesia bagian utara juga terpengaruh oleh tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya