SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 skala Richter (SR) mengguncang Malang, Jawa Timur, Minggu (9/3/2014) malam. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kedalaman 10 km dari permukaan tanah itu terjadi pada pukul 20.42 WIB.

Pusat gempa itu berlokasi 10’2 Lintang Selatan dan 112’98 Bujur Timur. Gempa tersebut dirasakan masyarakat yang berada di tenggara Malang. Gempa tersebut juga membuat penduduk setempat berhamburan keluar rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya, BMKG juga menyatakan telah terjadi gempa bumi pada pukul 18.49 WIB, berkekuatan 5,0 SR di Sumba Nusa Tenggara Timur. Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman lebih lanjut menjelaskan lokasi pusat gempa bumi Malang itu di selatan Pulau Jawa; 115 km tenggara Kabupatrn Malang; 119 km barat daya Lumajang; 135 km barat daya Jember; 214 km tenggara Surabaya Jatim; dan 762 km tenggara Jakarta. BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

BMKG sebelumnya juga mencatat telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,0 SR di barat daya Sumba Barat, pukul 18.49 WIB. Lokasi gempa pada koordinat Lintang 11’48 Lintang Selatan (LS) dan Bujur 118’84 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 km.

Pusat gempa di selatan Sumbawa; 218 km barat daya Sumba Barat; 219 km barat daya Sumba Barat daya; 234 km bara daya Sumba Timur NTT; 441 km tenggara Mataram Nusa Tenggara Barat; dan 1.459 km tenggara Jakarta. BMKG juga menegaskan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya