Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 terjadi di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), yang efeknya dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022).
SHARE
Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya
SOLOPOS.COM - Lokasi episentrum gempa bumi di Bangkalan yang dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022). (Twitter Info BMKG)

Solopos.com, SURABAYA — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Surabaya, Jawa Timur, dan sekitarnya, Sabtu (15/1/2022) sore, sekitar pukul 15.18 WIB. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Tretes, titik gempa berada di wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 episentrum berada pada koordinator 7,25 derajat LS dan 112,92 derajat BT, atau tepatnya di laut pada jarak 23 km tenggara Bangkalan, Jatim, dengan kedalaman 14 kilometer (km).

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Tretes, Djati Cipto Kuncoro, dalam keterangan tertulis.

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Gempa Besar & Tsunami di Selatan Jawa Timur

Berdasarkan pantauan BMKG, gempa bumi itu dirasakan sejumlah warga yang berada di wilayah Bangkalan, Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Sumenep. Getaran efek gempa itu dirasakan beberapa orang dan ditandai benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG juga menyebut gempa bumi itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Baca juga: Malang Berguncang Gara-gara Gempa Magnitudo 5,3

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa,” imbuh Djati.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago