SOLOPOS.COM - Lokasi episentrum gempa bumi di Bangkalan yang dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022). (Twitter Info BMKG)

Solopos.com, SURABAYA — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Surabaya, Jawa Timur, dan sekitarnya, Sabtu (15/1/2022) sore, sekitar pukul 15.18 WIB. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Tretes, titik gempa berada di wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 episentrum berada pada koordinator 7,25 derajat LS dan 112,92 derajat BT, atau tepatnya di laut pada jarak 23 km tenggara Bangkalan, Jatim, dengan kedalaman 14 kilometer (km).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Tretes, Djati Cipto Kuncoro, dalam keterangan tertulis.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Gempa Besar & Tsunami di Selatan Jawa Timur

Berdasarkan pantauan BMKG, gempa bumi itu dirasakan sejumlah warga yang berada di wilayah Bangkalan, Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Sumenep. Getaran efek gempa itu dirasakan beberapa orang dan ditandai benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG juga menyebut gempa bumi itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Baca juga: Malang Berguncang Gara-gara Gempa Magnitudo 5,3

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa,” imbuh Djati.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya