Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Salatiga

Gempa berkekuatan Magnitudo 3,0 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (18/7/2021) sore, sekitar pukul 15.39 WIB.
Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Salatiga
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar informasi BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara terkait gempa berkekuatan Magnitudo 3,0 di Salatiga. (BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara)

Solopos.com, SALATIGA — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,0 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (18/7/2021) sore, sekitar pukul 15.39 WIB. Gempa bumi tersebut tergolong kecil sehingga relatif tidak disadari warga setempat.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Banjarnegara, gempa tersebut terjadi di episentrum 7,31 LS dan 110,66 BT atau 19 km timur Salatiga dengan kedalaman 19 km.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, membenarkan perihal adanya gempa dengan kekuatan Magnitudo 3,0. Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui secara pasti pemicu gempat tersebut.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bikin Mobil Matik Lekas Rusak

“Kalau dilihat dari letak episentrumnya, memang berdekatan dengan sesar Kendeng. Letaknya di selatan atau barat daya sesar Kendeng, segmen Semarang-Demak. Tapi, kita masih perlu kaji lagi. Apakah penyebabnya sesar Kendeng atau ada sesar lokal lain yang jadi pemicu,” ujar Ajie kepada Semarangpos.com, Minggu.

Meski demikian, Ajie meminta masyarakat khususnya di Kota Salatiga untuk tidak panik jika merasakan guncangan gempa bumi itu. Ajie menilai gempa berkekuatan lemah yang dipicu pergerakan lempeng bumi atau sesar kerap terjadi di wilayah Jawa.

“Kalau gempa-gempa kecil memang kerap terjadi. Kebanyakan tidak terasa sehingga kami jarang mem-publish-nya,” imbuh Ajie.

Goncangan Tak Terasa

Demikian pula halnya dengan gempa berkekuatan Magnitudo 3,0 di Salatiga, Minggu sore. Menurut Ajie, gempa tersebut terbilang lemah sehingga masyarakat di wilayah Salatiga dan sekitarnya tidak terlalu merasakan goncangannya

“Kalau berdasarkan laporan dari teman-teman BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] di sekitar Salatiga tadi memang tidak terasa. Mungkin karena skalanya terbilang kecil,” ujar Ajie.

Senada juga disampaikan Ade, warga Perumahan Prajamukti, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Ia mengaku tidak terlalu merasakan adanya gempa di wilayah Salatiga. “Enggak terasa ada gempa tadi. Mungkin saya yang baru bangun tidur, enggak tahu kalau dengan orang lain,” tutur Ade saat dihubungi Semarangpos.com yang merupakan bagian dari kelompok sindiksi berita Solopos.com, Minggu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago