Gempa Bumi Berpotensi Terjadi Lagi di Brebes, Ini Peringatan BPBD

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes meminta warga mewaspadai potensi gempa bumi susulan.
Gempa Bumi Berpotensi Terjadi Lagi di Brebes, Ini Peringatan BPBD
SOLOPOS.COM - Petugas Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, sedang menunjukan rekahan dinding rumah milik warga di Kecamatan Sirampog yang mengalami retak akibat gempa yang terjadi Selasa (28/9/2021). (Solopos.com-ANTARA/Humas BPBD Brebes)

Solopos.com, BREBES — Masyarakat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng) diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam gempa bumi susulan.

Sebelumnya, masyarakat Brebes diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,0 yang terjadi pada Selasa (28/9/2021), sekitar pukul 08.42 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Nussy Mansur, mengatakan bahwa pada peristiwa gempa berkekuatan Magnitudo 3,0 itu mengakibatkan 23 rumah warga desa di Kecamatan Sirampog mengalami kerusakan ringah hingga berat.

Baca juga: Brebes Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

“Sebanyak empat rumah dari 23 rumah mengalami rusak berat, sedang lainnya rusak sedang dan ringan. Bahkan, penghuni dua rumah terpaksa kami anjurkan untuk mengungsi ke tetangga karena rumahnya sudah dalam kondisi miring,” kata Nussy, dikutip dari Antara.

Demikian pula, kata dia, bagi warga yang berada di bawah perbukitan Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog juga diminta waspada karena kondisi tanahnya mengalami rekahan pasca-gempa. Rekahan tanah ini pun berpotensi longsor apabila turun hujan.

Nussy mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan pemangku wilayah terkait peristiwa gempa maupun bencana lainnya.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar melaporkan segala kejadian darurat bencana. Kami juga siap memberikan bantuan pada masyarakat dengan menggunakan dana tak terduga,” katanya.

Gempa darat berkekuatan Magnitudo 3.0 itu mengguncang wilayah Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Selasa pagi. Akibat bencana alam ini, sedikitnya 23 rumah warga di Desa Sridadi dan Dawuhan terdampak. Gempa juga menimbulkan retakan sepanjang 150 meter di kawasan perbukitan dengan lebar 5 cm.

Baca juga: Brebes PPKM Level 4 Lagi, Gubernur Sebut Warga Tak Disiplin

Data informasi gempa BMKG-BJI menyebutkan gempa dengan Magnitudo 3.0 SR itu terjadi pada pukul 08:40:40 WIB. Titik gempa berlokasi 7.17 LS, 109.03 BT (9 kilometer Timur Laut Bumiayu-Jateng) dengan kedalaman 11 KM.

Pelaksana Tugas Camat Sirampog, Lukman Hakim, adanya bencana alam tersebut. Saat ini, kata dia, petugas sedang melakukan pendataan terhadap dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

“Iya memang ada gempa di wilayah kami, dan sekarang sedang dilakukan pendataan dampak kerusakannya,” katanya.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago