SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Layanan telekomunikasi pada sejumlah kawasan di Aceh dan pantai barat Sumatera yang sempat terganggu akibat gempa berkekuatan 8,5 skala Richter yang terjadi pada pukul 15.28 WIB, Rabu, kini berangsur normal.

“Di beberapa lokasi layanan komunikasi sempat terganggu selain karena catu daya listrik yang sempat padam, juga karena tingginya trafik komunikasi,” kata Head of Corporate Communication & Affair PT Telekomunikasi Indonesia, Eddy Kurnia, dalam siaran pers di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan, sehubungan dengan musibah gempa tersebut Telkom Group terus melakukan pemantauan dan perbaikan fasilitas telekomunikasi.

“Sesaat setelah gempa memang terjadi kesulitan ketika melakukan komunikasi, karena trafik ke sana tinggi sekali,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan bahwa layanan komunikasi ke wilayah Sinabang, Teluk Dalam, Gunung Sitoli, Siberut dan Sikakap masih beroperasi normal.

Meski begitu untuk sementara waktu beberapa BTS Flexi di wilayah Aceh terganggu yang mungkin disebabkan terputusnya aliran listrik PLN.

Adapun layanan seluler Telkomsel masih beroperasi normal walaupun trafiknya cukup tinggi.

Sementara itu, VP Corporate Communication XL Axiata Turina Farouk menginformasikan bahwa layanan XL menjadi satu-satunya jaringan seluler yang tetap aman dan berfungsi dengan baik.

“Layanan seluler XL beroperasi normal, sehingga bisa membantu dan mendukung warga Aceh dan sekitarnya dalam berkomunikasi dengan sanak saudara di tengah kondisi bencana,” kata Turina.

Ia menjelaskan, dalam kondisi seperti itu layanan seluler menjadi andalan bagi semua pihak untuk mencari informasi termasuk koordinasi dalam penanggulangan bencana.

“Petugas penanggulangan bencana alam, kepolisian, rumah sakit, awak media massa, dan pihak lainnya sangat terbantu dengan normalnya layanan komunikasi seluler ini,” ujar Turina.

Meski begitu ia menjelaskan, pihaknya terus berupaya memberikan jaminan ketersambungan komunikasi seluler dengan terus memantau setiap BTS yang ada di semua wilayah gempa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya