Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

GEMPA 5,3 SR Guncang Pesisir Selatan Sumatra Barat

SHARE
GEMPA 5,3 SR Guncang Pesisir Selatan Sumatra Barat
SOLOPOS.COM - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. (wikipedia.com)

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. (wikipedia.com)

JAKARTA—Gempa dengan kekuatan 5,3 skala Richter (SR) mengguncang wilayah barat Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Selasa (11/6/2013) pukul 09:30:37 WIB.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pusat gempa ditengarai berada pada koordinat 1.73 LS  dan 100.24 BT atau 62 km barat daya Pesisir Selatan, atau 88 km barat daya Kota Padang. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km.

“Pusat gempa berada di lautan antara Painan dengan Pulau Sipora. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (11/6/2013) .

Gempa dirasakan cukup keras masyarakat di sepanjang pantai barat Pesisir Selatan selama 2-3 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.

Sementara itu BPBD Pesisir Selatan masih melakukan pendataan. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

Wilayah Kepulauan Mentawai, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan dan sekitarnya di Provinsi Sumatra Barat merupakan daerah rawan tinggi gempabumi karena berada pada jalur subduksi aktif antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Pertemuan kedua lempeng tektonik tersebut setiap tahun bergeser 5-7 cm ke arah timur laut sehingga memicu gempa bumi. Masyarakat diimbau selalu meningkatkan kesiapsiagaan. Begitu terasa gempa cukup kuat segera keluar rumah dan mencari tempat yang aman. BNPB, BMKG dan BPBD selalu memantau semua informasi bencana.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode