SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Antara/Aditya Pradana)

Solopos.com, JAKARTA – Penyelenggaraan rapat pleno kedua oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menghasilkan tujuan penguatan komitmen menuju ekosistem syariah di Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin.

Wapres menyampaikan agenda utama dalam rapat pleno kedua yang berjalan pada Senin (30/5/2022) adalah untuk melangkah lebih cepat dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat halal dunia dengan membangun berbagai ekosistem pendukung.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Bahasan [rapat pleno kedua] yang dibahas adalah yaitu tentang penguatan master plan tentang data ekonomi syariah yang lebih lengkap,” kata dia Senin.

Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) tersebut juga mengatakan pihaknya akan membangun kelembagaannya sampai ke tingkat daerah.

Baca Juga: Peluang dan Tantangan Pengembangan Keuangan Syariah

“Ke depan kami akan membangun yaitu Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh Provinsi. [Adapun] yang sudah ada sekarang, di Sumatera Barat dan akan ada juga di Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, dan akan terus dikembangkan [ke seluruh pelosok Negeri],” lanjut Wapres.

Sebagai informasi, KNEKS menyelenggarakan Rapat Pleno kedua yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, selaku Ketua Harian KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/5/2022).

Rapat digelar dengan mengangkat tema Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia.

Agenda itu merupakan kelanjutan dari pleno pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021. Rapat pleno ini bertujuan memberikan laporan terkini sekaligus meminta arahan Ketua Harian atas pelaksanaan berbagai program kerja KNEKS, baik 13 Program Prioritas yang telah disepakati pada rapat pleno sebelumnya di 2021, maupun program kerja KNEKS lainnya.

Baca Juga: Bank Syariah Berpeluang Pulihkan Ekonomi Nasional, Ini Kata OJK

Semua inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan Pusat Produsen Halal Dunia. Di antaranya terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul: Wapres: Rapat Pleno KNEKS Bahas Penguatan Master Plan Data Ekonomi Syariah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya