Gelar Lomba Esai, Bawaslu Sukoharjo Dorong Anak Muda Peduli Pemilu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo menggelar lomba final esai tentang Pemilu 2024 dengan peserta para pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA).
SHARE
Gelar Lomba Esai, Bawaslu Sukoharjo Dorong Anak Muda Peduli Pemilu
SOLOPOS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo menggelar lomba esai yang diikuti 17 peserta SMA Se-Sukoharjo, lomba tersebut digelar dalam rangka HUT Bawaslu Kabupaten/Kota Ke-4, Jumat (10/9/2022).(Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo menggelar lomba esai dalam rangka memperingati HUT Bawaslu Kabupaten/ Kota yang keempat.

Pesertanya merupakan para pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA). Penjurian dilakukan di Ruang Seminar Lantai 3 Rektorat Univet Sukoharjo, Jumat (30/9/2022) siang.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sementara, ada tiga isu atau tema yang diangkat Bawaslu Sukoharjo dalam lomba tersebut. Tema pertama membahas soal pelajar dan pengawasan partisipatif pemilu/ pemilihan serentak 2024.

Tema kedua adalah soal peran pelajar dalam pengawasan pemilu atau pemilihan umm serentak 2024. Tema terakhir yakni soal Bawaslu dan Keadilan pemilu atau pemilihan.

Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto di sela acara penjurian, Jumat, mengatakan para peserta merupakan kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Bambang berharap lomba ini bisa menumbuhkan keingintahuan pelajar terhadap pemilu.

“Kami harap, dengan adanya lomba esai dapat menumbuhkan budaya literasi siswa,” kata Bambang.

Baca juga: 7 ASN Dicatut Parpol dalam Sipol di Sukoharjo, Bawaslu Beri Tips Cara Lapor

Selain itu, Bambang juga berharap lomba esai dapat mendorong pertisipasi pelajar dalam pengawasan partisipatif soal pemilu.

“Kami juga membudayakan agar teman-teman peduli terhadap kepemiluan. Saat mereka sudah peduli, maka dapat berpartisipasi, serta berperan aktif dalam pemilu sebagai peserta didik,” lanjut Bambang.

Lomba diikuti siswa sekolah menengah atas (SMA) Se-Kabupaten Sukoharjo dengan total 17 peserta. Mereka akan diseleksi sebanyak 6 finalis untuk maju ke babak selanjutnya.

“Pesertanya dari SMA Se-Kabupaten Sukoharjo, walaupun tidak semua sekolah mengikuti. Peserta yang masuk mengirimkan esai, dalam babak ini, kami ambil enam karya,” lanjut Bambang.

Hadiah yang disiapkan untuk para pemenang yakni piagam dan uang pembinaan untuk juara pertama, kedua, dan ketiga.

Baca juga: Bawaslu dan KPU Catat Pelanggaran Rutin di Sukoharjo, Ini Daftarnya

Pengumuman enam karya terpilih dan penyerahan hadiah akan disampaikan dalam acara Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Rabu (12/10/2022) mendatang di Hotel Tosan, Grogol, Sukoharjo.

Peserta asal SMA Muhammadiyah Kartasura, Alisa, mengatakan kesempatan mengikuti lomba esai merupakan pengalaman pertamanya.

“Pertama dikasih tau guru di sekolah, kemudian mau ikut. Coba-coba akhirnya lolos sampai sini [tujuh belas finalis],” kata Alisa.

Dalam perlombaan tersebut, ia memilih isu soal peran pelajar sebagai pemilih pemula dalam pengawasan pemilu 2024. Sebelumnya, ia telah mempersiapkan mental, menguasai materi, dan percaya diri.

“Pengetahuan saya terkait Bawaslu ya adalah badan yang mengawasi pelaksanaan pemilu,” lanjut Alisa.

Baca juga: Launching Buku, Ini Catatan di Bedah Buku Bawaslu Sukoharjo



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode