SOLOPOS.COM - Drummer Noah Rio Alief dan Clerence Chyntia. (Instagram/@clerence.ca)

Solopos.com, SOLO-Sebelum terlambat, ketahui gejala kanker pembuluh darah seperti diidap mendiang Clerence Chyntia, istri drummer Noah Band, Rio Alief. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui istri drummer Noah Band ini kali pertama terdeteksi mengalami penyakit ini pada awal Februari. Sejumlah perawatan mulai dari kemoterapi hingga operasi sudah dijalani Clerence sebelum akhirnya wanita tersebut mengembuskan napas pada Selasa (18/10/2022).

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Mengutip Mayo Clinic, Rabu (19/10/2022), angiosarcoma adalah jenis kanker langka yang terbentuk di lapisan pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Pembuluh getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Pembuluh getah bening mengumpulkan bakteri, virus dan produk limbah dari tubuh dan membuangnya.

Baca Juga: Perjuangan Istri Drummer Noah Melawan Kanker Langka

Sebelum mengetahui gejalanya, ketahui terlebih dulu bahwa kanker pembuluh darah ini dapat terjadi di mana saja di dalam tubuh. Namun paling sering terjadi pada kulit di kepala dan leher. Jarang, itu bisa terbentuk di kulit di bagian lain dari tubuh, seperti payudara. Atau mungkin terbentuk di jaringan yang lebih dalam, seperti hati dan jantung. Angiosarcoma dapat terjadi di daerah yang pernah diobati dengan terapi radiasi.

Perawatan tergantung di mana kanker itu berada. Perawatan mungkin termasuk operasi, terapi radiasi dan kemoterapi.

Tanda dan gejala kanker pembuluh darah dapat bervariasi berdasarkan di mana kanker terjadi.  Angiosarcoma yang mempengaruhi kulit.

Baca Juga: Istri Drummer Noah Meninggal Dunia Lantaran Kanker

Paling sering, angiosarcoma terjadi pada kulit di kepala dan leher. Ini sering terjadi pada kulit kepala. Gejala bentuk angiosarcoma ini meliputi:

– Area kulit yang terangkat yang terlihat seperti memar
– Lesi seperti memar yang tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu
– Lesi yang mungkin berdarah saat digaruk atau terbentur
– Pembengkakan pada kulit di sekitar lesi

Ketika angiosarcoma mempengaruhi organ, seperti hati atau jantung, sering menyebabkan rasa sakit. Gejala lain tergantung pada lokasi angiosarcoma.

Setelah tahu gejalanya, ketahui pula penyebab kanker pembuluh darah. Sejauh ini  tidak jelas apa yang menyebabkan sebagian besar angiosarkoma. Para peneliti telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Baca Juga: Profil Clerence Chyntia, Istri Drummer Noah

Angiosarcoma terjadi ketika sel-sel di lapisan pembuluh darah atau pembuluh getah bening mengembangkan perubahan DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Perubahan, yang oleh dokter disebut mutasi, memberitahu sel untuk berkembang biak dengan cepat. Perubahan tersebut menyebabkan sel-sel tetap hidup ketika sel-sel yang sehat akan mati.

Hasilnya adalah penumpukan sel kanker yang bisa tumbuh di luar pembuluh darah atau pembuluh getah bening. Sel kanker dapat menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Pada waktunya, sel-sel kanker dapat pecah dan menyebar ke area lain dari tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya