SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA—Gelombang Covid-19 diperkirakan akan kembali muncul di akhir tahun 2022 dan di awal 2023, dengan adanya sub varian baru, yakni XBB dan XBC. Evolusi virus yang cepat juga menyebabkan tantangan besar dalam melacak gejala.

Dengan lebih dari 300 subvarian Omicron yang beredar saat ini, dokter menyoroti beberapa tanda yang paling sering ditemui dari strain terbaru. Maria Van Kerkhove, Epidemiolog Penyakit Infeksi dengan Program Darurat Kesehatan WHO baru-baru ini memperingatkan saat ini ada lebih dari 300 sub-varian Omicron yang beredar, dan sub-varian ini sangat mirip dengan satu sama lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gejala klasik dari varian saat ini adalah batuk, yang mungkin kronis atau berkembang menjadi bronkitis. Kelelahan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang, seperti sakit kepala, demam, pilek, dan tenggorokan gatal.

Baca Juga Terus Tumbuh, Cukai Rokok Sumbang Negara Rp122,14 Triliun

Iritasi tenggorokan juga telah dikaitkan dengan laporan kesulitan menelan dan nyeri otot, yang secara medis dikenal sebagai odynophagia. Bronkitis menggambarkan peradangan saluran udara paru-paru, menyebabkan mereka menjadi teriritasi dan meradang.

Menurut NHSInform, gejala utama bronkitis adalah “batuk meretas”. “Kemungkinan batuk Anda akan mengeluarkan lendir (dahak) kuning keabu-abuan yang kental, meskipun ini tidak selalu terjadi. Gejala bronkitis lainnya mirip dengan infeksi lain seperti pilek atau sinusitis, dan terutama termasuk sakit tenggorokan.” demikian laporan penelitian tersebut dilansir dari Express.

Menurut Family Care Centers, batuk bronkitis mungkin terdengar seperti “bunyi mengi atau bersiul”. Dalam beberapa kasus, suara mengi ini dapat bertahan saat bernafas.

British Medical Journal melaporkan sebelumnya pada tahun 2022, “bronkitis Tracheo dari Omicron menyebabkan sekresi yang tidak terlihat di Delta.” “Jadi sakit tenggorokan dengan sekresi ringan terlihat dengan infeksi Omicron. Sering kali pasien tidak mengeluarkan sekret tetapi mungkin hanya menelan.”

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gejala Covid Sub Varian Baru, Batuk hingga Bronkitis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya