top ear
Ilustrasi orang berdoa. (Reuters-Ahmad Masood)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi orang berdoa. (Reuters-Ahmad Masood)

Geger Virus Corona, Ini Doa Agar Terhindar dari Penyakit

Berikut doa agar selamat dari ancaman penyebaran penyakit, termasuk virus corona, menurut Islam.
Diterbitkan Senin, 17/02/2020 - 04:00 WIB
oleh Solopos.com/Ginanjar Saputra/Newswire
3 menit baca

Solopos.com, SOLO — Belakangan hari ini, publik dunia digegerkan dengan wabah virus corona. Virus yang disebut-sebut bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei, China itu telah merenggut ratusan nyawa dan menjangkit puluhan ribu orang.

Wabah virus corona tentu memicu kekhawatiran masyarakat. Dalam Islam, ada doa yang bisa dibaca agar terhindar dari wabah penyakit, termasuk virus corona.

Korea Utara Tembak Mati Pengidap Virus Corona?

Berikut doa agar terhindar dari penyakit yang dikutip dari Detik.com, Minggu (16/2/2020):

Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu: Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom.

Artinya: Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Muhammad SAW mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang [kulit], gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Umat Islam juga disarankan untuk membaca doa berikut:

Allahumma 'aafinii fii badaniillahumma 'aafinii fii sam'illahumma 'aafinii fii bashari.

Artinya: Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.

Doa tersebut disarankan dibaca tiga kali setiap pagi dan sore. Selain doa, salah satu amalan pencegah bencana ialah salat hajat. Virus atau penyakit juga dikatakan sebagai bencana.

Pantas Jadi Incaran, Ternyata Segini Gaji Dirut TVRI

Dikutip dari buku Menjemput Berkah Lewat: Shalat Hajat karya Abu Khansa Al-Harits, manusia memerlukan pertolongan Allah SWT. Dari semua keadaan dari pengaduan atau pun harapan, Allah swt telah memerintahkan kita agar memohon pertolongan kepada-Nya melalui salat.

Hal ini tergambar dalam firman Allah dalam Surat Al-Bawarah ayat 45 yang berarti "Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk".

Kisah Warga Selo Boyolali Yang Tak Takut Erupsi Merapi: Awan Panas Itu Hal Biasa

Salat hajat bukan hanya dilaksanakan saat kita dikaruniai rezeki, keturunann dan jodoh, namun juga bisa dilakukan saat kita minta dihindarkan dari bencana, bahaya, dan hal-hal lain yang merugikan.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-An'am ayat 17 yang berarti "Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu".

Serta Allah SWT berfirman dalam Surat An-Naml ayat ke-62 yang berarti "Bukankah Dia [Allah] yang memperkenankan [doa] orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu [manusia] sebagai khalifah [pemimpin] di bumi? Apakah di samping Allah ada Tuhan [yang lain]? Sedikit sekali [nikmat Allah] yang kamu ingat".

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca oleh mereka yang merasakan nyeri atau sakit sambil memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang terasa sakit. Doa itu adalah membaca bismillah yang berarti dengan nama Allah sebanyak tiga kali.

Ada doa yang bisa dobaca tujuh kali seperti berikut:

A'uudzu billaahi wa qudratihii min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.

Imam An-Nawawi mengutip secara lengkap hadits riwayat Imam Muslim sebagai berikut:

Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim Rahimahullah, dari Utsman bin Abil 'Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, 'Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, 'Bismillaah' lalu bacalah tujuh kali, 'A‘uudzu billaahi wa qudratihii min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Semoga kita selalu diberi kesehatan jasmani dan rohani. Amin.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini