SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api yang membakar mesin pertamini di Desa Bebel, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Kamis (31/12/2020). (Semarangpos.com/Humas Polres Kabupaten Pekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN – Kebakaran besar terjadi di Desa Bebel, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng). Penyebabnya sebuah mesin pertamini terbakar kemudian merembet ke enam bangunan toko atau ruko di sekitarnya turut dilahap si jago merah.

Kapolres Pekalongan, AKBP Darno, melalui Kapolsek Wiradesa, AKP Agus Suliswiantoro, mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB pada akhir tahun 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menerima laporan kebakaran itu dan langsung mendatangi lokasi. Sesampainya di lokasi, api sudah membesar dan membakar ruko yang ada di sekitarnya,” ujar Agus dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Jumat (1/1/2021).

Terjaring Operasi Yustisi, Pria Grobogan Tiba-Tiba Meraung Dan Mencakar

Ekspedisi Mudik 2024

Agus mengatakan dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan terhadap para saksi. Diketahui kebakaran tersebut bermula dari pemilik mesin pertamini, SR, 35, yang hendak mengisi ulang mesin pengisi bahan bakar miliknya.

“Setelah memasang selang pompa untuk menyedot bensin dari jeriken, SR mencolokkan kabel pompa ke sakelar. Setelah kabel pompa terpasang, muncul percikan api dari kabel dan langsung menyambar Pertalite [bahan bakar minyak]. Seketika mesin pertamini terbakar,” tutur Agus.

Air Sungai Bloro Klaten Meluap, Perkampungan Kebanjiran

Korban yang mengetahui adanya api di mesin pertamini pun langsung melarikan diri dan meminta tolong warga untuk memadamkannya. Beberapa warga pun langsung menghubungi aparat kepolisian dan petugas pemadam kebakaran.

Selang beberapa lama, api pun sanggup dipadamkan petugas pemadam kebakaran. “Akibat kejadian itu korban mengalami luka bakar ringan. Selain itu, kerugian materiel diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” ujar AKP Agus.

Banyak Kasus Covid-19 Karena Kontak Erat, Begini Langkah Satgas Klaten

Agus pun mengimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap segala potensi kebakaran. Agar kejadian seperti mesin pertamini tersebut tidak terulang.

“Periksa lagi jaringan listrik di rumah atau tempat usaha. Jika ada masalah segera diperbaiki. Selain itu, sediakan alat pemadam api ringan [APAR] untuk penanganan dini jika terjadi kebakaran.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya