SOLOPOS.COM - Tangkapan layar memperlihatkan pengunjung CFD Solo berhamburan gara-gara info menara masjid roboh pada Minggu (29/5/2022). (Instagram/@soloinfo)

Solopos.com, SOLO – Beberapa lapak pedagang kaki lima (PKL) car free day (CFD) Solo, Minggu (29/5/2022) mengalami kerusakan. Hal itu terjadi akibat kepanikan pengunjung CFD yang meyakini informasi Menara Masjid Sriwedari ambruk.

Pengunjung beramai-ramai lari ingin menyelamatkan diri saat mereka mendapatkan informasi tersebut. Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, yang saat itu bertugas di CFD mengatakan, selain terpisahnya beberapa anak dari orang tuanya, ada juga pengunjung yang kehilangan dompet dan ponsel. Beruntung, sang pemilik langsung mengambil barang miliknya saat itu juga.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ada handphone dan dompet jatuh atau hilang juga. Ditemukan masing-masing satu handphone dan satu dompet langsung diambil pemilik. Ini yg kita temukan,” jelasnya.

Selain itu, ada juga pengunjung yang tampak meninggalkan sandalnya di sekitar lapak PKL. Hal itu dikarenakan kepanikan yang mereka alami akibat hoaks menara Masjid Sriwedari ambruk. Ari mengatakan, sandal-sandal tersebut kemudian ditata agar nantinya pengunjung bisa dengan mudah mengambilnya kembali.

“Kalau ini sandal-sandal yang ditinggalkan pemilik. Dikumpulkan orang dan di jejer-jejer. Biar yang punya ambil sendiri,” katanya.

Baca juga: Terjawab! Ini Penyebab Menara Masjid Sriwedari Solo Dikira Ambruk

Selain itu, kerugian juga dialami oleh PKL. Ada yang mengalami kerusakan di lapaknya berupa payung yang ambruk, dagangan tumpah, dan papan jualan yang hilang.

Salah satu pengunjung CFD yang ditemui Solopos.com di utara kompleks Masjid Sriwedari, Dea Nur Salsabila, mengatakan ada pedagang kaos kaki di dekatnya yang kehilangan banner (papan informasi jualan) karena penjual ikut panik.

“Tadi ada yang bilang kuwi bannerku ilang tak tinggal mlayu [tadi banner saya hilang karena saya tinggal lari],” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Halaman Graha Wisata Niaga Jl Slamet Riyadi, kejadian terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Suara gaduh tiba-tiba muncul dari kerumunan pengunjung CFD. Pengunjung berlarian menjauh dari kawasan Stadion Sriwedari dalam beberapa menit saja. Namun informasi tersebut tidak jelas mulanya dari mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya