SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Karanganyar. (Google Map)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejak lama direncanakan, rehab Gedung DPRD Karanganyar akhirnya akan terwujud tahun ini. Kepastian ini diperoleh setelah Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan akan mengalokasikan anggaran untuk rehab Gedung Dewan ini pada APBD Perubahan 2022.

Rehab Gedung DPRD ini jika dilakukan secara keseluruhan akan menelan biaya hingga kurang lebih Rp30 miliar. Dengan kondisi keuangan Pemkab Karanganyar saat ini tak sanggup untuk membiayai rehab sebesar itu sekali jalan. Oleh karenanya, rehab Gedung Dewan ini akan dilakukan secara tahun jamak atau multiyears.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati yang karib disapa Yuli ini tak menyebut berapa anggaran yang akan dialokasikan untuk rehab Gedung DPRD ii dalam APBD Perubahan 2022. Namun yang jelas, proyek pekerjaan yang akan dilakukan tahun ini adalah rehab gedung di sekeliling gedung paripurna.

Baca Juga: Lebih Jelek dari yang Lain, Gedung DPRD Karanganyar akan Direhab

“Kita lihat kemampuan anggaran kita. Nanti dianggarkan melalui [APBD] Perubahan 2022. Paling mungkin nanti ya rehab gedung-gedung di sekeliling gedung paripurna. Nanti kalau itu sudah selesai, baru dilanjutkan dengan rehab gedung paripurnanya. Itu juga kita lihat anggarannya,” ujarnya saat ditemui wartawan di gedung PMI Karanganyar, Kamis (17/2/2022).

Menurut Bupati Yuli, rehab Gedung DPRD ini sudah direncanakan sejak lama. Bahkan saat ia masih duduk sebagai pimpinan di lembaga wakil rakyat itu rencana tersebut sudah ada.

“Sejak saya masih jadi Ketua DPRD ini sudah direncanakan. Gambarnya [desain gedung] juga sudah ada. Tapi tidak jadi terus karena memang ada prioritas lainnya,” imbuh Yuli.

Baca Juga: Komisi C DPRD Minta Proyek Masjid Agung Karanganyar Rampung 20 Februari

Salah satu alasan rehab itu adalah kondisi Gedung DPRD Karanganyar yang dianggap kalah bagus dengan gedung Dewan lain di Soloraya.

“Dibandingkan Gedung DPRD lainnya di Soloraya, Gedung DPRD Karanganyar sudah ketinggalan. Kalau direhab saya kira sudah saatnya. Jadi kalau ada tamu dari luar kota kan terlihat lebih baguslah,” imbuh Yuli.

Sementara itu, Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mendukung rencana yang sudah bergulir lama tersebut namun belum juga terealisasi hingga kini.

Baca Juga: DPRD Karanganyar Ingatkan Camat dan ASN Jangan Terlibat Politik Praktis

“Tentunya kami sangat mendukung kalau Gedung Dewan ini direhab. Dari dulu sudah direncanakan, tapi tidak jadi terus karena memang anggarannya dipakai untuk prioritas lainnya. Sekarang bisa dimulai, meskipun rehabnya dicicil,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya