Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.
SHARE
Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang
SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menata semen di sebuah truk tronton di kawasan Pedaringan Solo, Kamis (17/9/2015). (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan dengan kapasitas hingga 15.000 orang di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo. Ini sebenarnya rencana lama yang dihidupkan kembali.

“Sebentar lagi yang ada di Pedaringan itu untuk 15.000 orang. Hall-nya besar sekali. Semoga sebelum tahun 2024 sudah terbangun,” terang Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa, saat memberikan sambutan acara Inagurasi Junior Chamber International (JCI) Solo Tahun 2022 di Hotel Solia Zigna Laweyan, Solo, Sabtu (15/1/2022) malam.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Keberadaan gedung itu, menurut Teguh, dapat dimanfaatkan berbagai elemen masyarakat untuk kegiatan memajukan Kota Solo. Arahnya bagaimana gedung tersebut bisa bermanfaat dan berkontribusi dalam membangkitkan kemajuan Solo.

Baca Juga: Fokus Bantu UMKM, Junior Chamber International Solo Lantik Local BOD

Selain mengungkapkan rencana Pemkot Solo pembangunan gedung besar di Pedaringan, Teguh juga mempromosikan Convention Hall Terminal Tirtonadi. Hall itu menurutnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar pameran dan pertunjukan.

“Setelah pandemi ini saya kira kita sudah ada tambahan satu hall di Terminal Tirtonadi untuk pameran, pertunjukan, dan sebagainya. Nanti kami juga ada [gedung] di Pedaringan yang bisa menampung hingga 15.000 orang,” urainya.

Baca Juga: Kelar Direhab, 4 Stadion Pendamping Manahan Solo Dikelola Pihak Ketiga?

Pusat Perekonomian Baru

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto, mengaku belum mendengar kapan rencana pembangunan gedung di Pedaringan akan dilaksanakan. Tapi pada prinsipnya ia menyambut baik rencana tersebut.

Politikus PDIP itu mengatakan rencana pembangunan gedung di Pedaringan oleh Pemkot Solo sudah muncul beberapa tahun lalu. “Berarti rencana beberapa tahun lalu bisa segera terealisasi. Ini bisa menumbuhkan pusat perekonomian baru di Solo,” katanya kepada Solopos.com, Senin (17/2022).

Baca Juga: Jadi Pusat Budaya Jawa, Penataan Taman Balekambang Solo Segera Dilelang

Berdasarkan catatan Solopos.com, pada 2015 lalu Pemkot Solo pernah mewacanakan pembangunan gedung pertemuan di Pedaringan bernama Solo Convention Exibition (SCE). Bangunan itu akan dijadikan Pemkot sebagai pusat pameran sekaligus olahraga.

Wali Kota Solo saat itu FX Hadi Rudyatmo menyebut pembangunan gedung SCE mendesak direalisasikan. Sebab saat itu Solo belum punya gedung pameran. “SCE akan dibangun di Pedaringan. Luas lahannya sekitar tiga hektare di dekat ruko-ruko pedaringan,” ungkap Rudy kala itu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago