SOLOPOS.COM - Pekerja memasang kerangka panggung besar di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (15/11/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Gebyar Pasar Rakyat digelar di Alun-Alun Kidul Keraton Solo.

Solopos.com, SOLO — Warga Solo dan sekitarnya menyambut antusias aktivitas pedagang dan penyedia wahana permainan anak-anak di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo, beberapa hari terakhir. Warga mengira Sekaten bakal kembali digelar mengingat sudah mendekati Maulud Nabi Muhammad SAW 1438 H.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, acara tersebut bukanlah bagian dari Sekaten melainkan Gebyar Pasar Rakyat yang tahun-tahun sebelumnya rutin digelar di Jl. Paku Buwono dan halaman Benteng Vastenburg. Warga Sukoharjo, Ahmad, berharap Sekaten di Solo bisa kembali digelar.

“Jogja kan sudah mulai Sekatenan. Saya kira Solo juga mengikuti. Seperti persiapan di Alkid itu, orang-orang juga mengira mau ada Sekaten,” tutur dia saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (15/11/2017), di kawasan Alkid Keraton Solo.

Owner Sinergi Event, Daryono, menjelaskan Gebyar Pasar Rakyat akan digelar Jumat mulai (17/11/2017) selama sebulan di Alkid Keraton Solo. “Tapi itu bukan Sekaten. Iya, memang banyak yang mengira Sekaten tapi itu bukan [Sekaten]. Event pasar rakyat biasa yang kami selenggarakan untuk mewadahi teman-teman pemilik usaha jasa permainan,” kata Daryono, kemarin.

Pejabat Humas Gebyar Pesta Rakyat, Nurfaidin, juga mengatakan Gebyar Pesta Rakyat tidak termasuk dalam serangkaian Sekaten yang digelar Keraton Solo. Kendati demikian, penyelenggaraan Gebyar Pesta Rakyat tersebut berdasarkan izin dari Keraton Solo.

“Sejak sebulan lalu kami sudah koordinasi dengan Keraton, kemudian kami dapat izin untuk mengadakan kegiatan ini,” kata Nurfaidin.

Penyelenggaraan Gebyar Pesta Rakyat akan mengikuti aturan di Alkid seperti jam buka dan tutup sehingga selama sebulan ke depan, penyedia jasa permainan akan buka mulai pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.
Sementara itu, hingga saat ini pihak Keraton Solo belum memberikan kepastian informasi terkait lokasi penyelenggaraan Sekaten berikut Grebeg Maulud. Pengageng Parentah Keraton Solo, K.G.P.H. Dipokusumo menyebut Sekaten sudah mulai dipersiapkan dan Grebeg Maulud bakal digelar 1 Desember mendatang. Namun, untuk lokasinya Dipo mengaku belum tahu.

“Saya hanya urusan adat, upacara adatnya, kalau untuk lokasi langsung tanya ke Benowo [K.G.P.H. Benowo] saja,” tutur Dipo.

Beberapa hari lalu, Benowo yang juga Pengageng Pariwisata Keraton Solo tetap berkukuh Sekaten akan digelar di Alun-alun Utara (Alut) kendati lokasi tersebut menjadi pasar darurat Klewer. “Ya nanti di kiwa tengene (kanan kirinya) Alut saja, gitu nggih,” kata Benowo, singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya