SOLOPOS.COM - Geblek kudapan khas Kulonprogo. (Istimewa/Dinas Pariwisata Kulonprogo)

Solopos.com, KULONPROGO — Kabupaten Kulonprogo, DIY yang dikenal karena pemandangan alam, seperti Kalibiru dan Bukit Wisata Pule Payung, juga memiliki kuliner khas yang unik.

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar kuliner khas Kulonprogo bernama Geblek. Makanan khas Kulonprogo ini sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat Jogja bahkan hingga Jawa Tengah.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Tapi, tahukah Anda? Kuliner unik khas Kulonprogo ini memiliki cerita. Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/, Senin (25/7/2022), Geblek merupakan makanan bekal petani yang akan pergi ke sawah.

Geblek terbuat dari singkong yang merupakan komoditas pangan di wilayah tersebut. Sumber karbohidrat dari singkong dianggap dapat menjadi menu mengenyangkan bagi petani yang banyak menghabiskan tenaga di sawah.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada masa itu, pembuatan Geblek biasanya dilakukan pagi hari sebelum memulai aktivitas. Perlu kerja sama antara laki-laki dan perempuan saat mengolah Geblek karena peralatan memasak kala itu belum secanggih saat ini. Tenaga laki-laki dibutuhkan untuk mengaduk adonan dari tepung singkong atau kanji yang dicampur air panas.

Baca Juga : Dawet Sambal Kulonprogo, Sensasi Makan Dawet Campur Pecel

Bisa Anda bayangkan, adonan yang lengket dan panas harus dicampur secara manual menggunakan tangan kala itu. Di sisi lain, ketelatenan perempuan dibutuhkan saat membentuk adonan Geblek menjadi bulatan cincin bertumpuk atau menyerupai angka 8.

Hmm… jika dibayangkan, kudapan ini mirip Cireng asal Jawa Barat, ya? Namun berbeda, lo! Diintip dari kanal youtube Tugu Jogja TV, Senin (25/7/2022), Geblek dan Cireng memiliki perbedaan bahan dasar. Hal itu membuat kedua makanan itu mempunyai tekstur serta cita rasa berbeda.

Bahan membuat Geblek terdiri dari tepung kanji, parutan singkong, kelapa, bawang putih, dan garam sedangkan Cireng biasanya dibuat dari adonan tepung kanji yang dibumbui. Umumnya, Geblek disajikan bersama olahan tempe benguk sebagai lauk. Kuliner khas ini cocok disantap saat hangat bersama teh maupun kopi.

Kuliner khas Kulonprogo, Geblek telah banyak mengalami modifikasi. Dikutip Solopos.com dari website resmi Dinas Pariwisata Kulonprogo, Senin (25/7/2022), Geblek memiliki sejumlah varian rasa dari bubuk perasa makanan, seperti barbeque, balado, jagung bakar, dan lainnya. Kudapan ini dapat menjadi opsi menarik untuk dicoba.

Jika anda bertandang ke Jogja, khususnya daerah Kulonprogo, jangan lupa membeli Geblek sebagai oleh-oleh khas. Sangat mudah mendapatkan Geblek karena dijual di warung-warung sepanjang jalan raya Wates-Kulonprogo.

Baca Juga : Yummy! Ada Kuliner Mi Ayam Goreng di Sleman, Mau Coba?

Biasanya para penjual Geblek di pinggir-pinggir jalan seputaran Kulonprogo akan buka pada sore hari. Kuliner khas Kulonprogo ini sudah banyak diproduksi dalam kemasan praktis dan Anda bisa menggoreng sendiri di rumah. Geblek mentah atau belum digoreng bisa bertahan hingga 4-5 hari.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo jajan Geblek!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya