SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Osteoporosis biasanya memang menyerang orang dengan usia lanjut. Tetapi jangan salah, penyakit akibat berkurangnya massa tulang ini juga bisa menyerang orang muda.

“Orang muda juga bisa kena osteoporosis karena faktor gaya hidup,” kata  Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi). Prof. Dr. Errol Untung Hutagalung SpB SpOT, kepada wartawan di sela-sela peringatan Hari Osteoporosis Nasional di Parkir Tunjungan Plaza, Minggu (17/10).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Errol menyebutkan, gaya hidup tidak sehat yang berisiko meningkatkan osteoporosis adalah merokok, minuman beralkohol dan kurangnya olahraga. Kandungan nikotin pada rokok akan  menyerap cadangan kalsium tubuh. Merokok juga menghambat aktivitas pembentukan sel-sel baru dari tulang.

Sedangkan alkohol dapat mengurangi penyerapan kalsium akibat terjadinya gangguan pada usus halus. Dan biasanya orang yang merokok dan minum alkohol sering lupa makan karena alkohol menimbulkan efek kenyang. Jika lupa makan, bagaimana tubuh bisa mendapat kalsium. “Hal itu akan makin parah jika malas berolahraga,” tambah Errol.

Selain faktor merokok dan alkohol, konsumsi obat-obatan yang mengandung kortikosteroid dalam jangka waktu lama juga bisa memicu osteoporosis usia muda. Obat yang mengadung kortikosteroid contohnya adalah obat asma,lupus, alergi, gatal dan lain-lain.

Errol menyayangkan generasi muda yang menggadaikan masa mudanya hanya untuk bergaya hidup tidak sehat. Karena pada usia 34 tahun, kepadatan tulang akan menurun. Oleh karena itu, sejak dini seharusnya kaum muda sudah harus ‘menabung’ untuk memperkuat tulang.

Tabungan tersebut bisa berupa mengonsumsi makanan mengandung kalsium, minum susu karena susu juga mengandung kalsium, olahraga teratur, haid teratur dan cukup paparan sinar matahari.

“Semenjak dalam kandungan saja sudah ada pencegahan osteoporosis, masa mau disia-siakan saat beranjak dewasa,” tandas Errol.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya