Gawat! Lonjakan Kasus Positif Corona di Klaten Melampaui Kudus

Jumlah kasus Corona aktif di Klaten saat ini dinilai melebihi lonjakn kasus yang sempat terjadi di Kudus beberapa waktu lalu.
Gawat! Lonjakan Kasus Positif Corona di Klaten Melampaui Kudus

Solopos.com, KLATEN – Jumlah kasus Corona yang masih aktif di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, saat ini dinilai melebihi kasus yang sempat terjadi di Kudus beberapa waktu lalu.

Sejak menerapkan status kontijensi di Klaten hingga saat ini, Polda Jateng telah mengirim 102 OTG ke lokasi isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Dalam dua hari ini kita evakuasi 102 orang ke asrama haji Donohudan. Hari ini kita kirim 50 dan kemarin 52 orang,” jelas Irwasda Polda Jateng, Kombes Pol Mashudi pada wartawan usai pemberangkatan 50 orang ke asrama haji Donohudan, Sabtu (24/7/2021) siang, seperti dilansir Detik.com.

Baca juga: Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Mashudi menambahkan, status kontijensi penanganan Corona di Klaten diterapkan kasus jumlah kasus yang cukup tinggi. Kebijakan tersebut diikuti dengan kegiatan preemtif, preventif, dan treatment.

“Kegiatan preemtif misalnya penggalangan dan pembagian sembako, preventif dengan sosialisasi dan penyemprotan. Treatmennya masyarakat yang positif dipisahkan dengan yang sehat,” lanjut Mashudi.

Mashudi menambahkan saat ini sejumlah warga di Klaten mulai sadar melakukan isolasi mandiri. Hal ini diharapkan mampu menekan angka penambahan kasus.

Sementara saat ini menurut Mashudi berdasarkan laporan yang ada, kasus Corona aktif di Klaten lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di Kabupaten Kudus. “Kudus waktu itu tertinggi kasus aktif hanya 2.800, isolasi mandiri hanya 1.700 an. Di Klaten, Kasus aktif 4.400 dan isolasi mandiri 3.000 an,” lanjut Mashudi.

Baca juga: Malam-Malam Kapolres dan Dandim Klaten Antarkan Bantuan ke Rumah Warga Terdampak Pandemi

Hal itu terjadi karena jumlah penduduk Klaten jauh lebih banyak dan wilayahnya lebih luas daripada Kudus. Saat ini penanganan kasus Covid-19 di Kudus menjadi role model penanganan di Klaten.

“Kita ambil contoh sistem yang dilakukan di Kudus, di Kudus dari 2.800 kasus aktif sekarang hanya 300 an. Kontijensi level 4 sampai tanggal 26 Juli, setelah itu kita tunggu arahan presiden kelonggaran apa yang nanti dibolehkan,” pungkas Mashudi.

Baca juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan evakuasi OTG Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan dilakukan sampai hari ini, Minggu (25/7/2021). Setelah itu pasien akan ditempatkan di lokasi isolasi terpusat yang berada di Klaten.

Saat ini dari 1.000 kapasitas isolasi, ungkap Mulyani, masih ada 780 bed. Bed itu akan segera diisi dan tiga pilar di kecamatan sudah sosialisasi.

“Masih ada 780-an tempat tidur isolasi terpusat dan tiga pilar di kecamatan terus sosialisasi. Untuk ke Donohudan nanti hanya 150 an,” kata Mulyani.

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago