SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-19 (PSSI)

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia U-19 harus bergantung pada laga Vietnam melawan Thailand untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Indonesia bisa keluar sebagai juara Grup A, runner-up, atau bahkan tidak lolos sama sekali meski berhasil mengalahkan Myanmar pada laga terakhir di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (10/7/2022).

Dua laga menentukan bagi Vietnam, Thailand dan Indonesia dimainkan bersamaan pada pukul 20.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vietnam melawan Thailand di Stadion Madya Senayan Jakarta sedangkan Indonesia melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Jawa Barat.

Baca Juga: Sistem TC Timnas Indonesia U-19 Dikritik, Ini Masalahnya

Indonesia saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan 8 poin dan selisih gol 12:1.  Indonesia harus memenangkan pertandingan jika ingin melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Keharusan meraih 3 poin itu karena Vietnam dan Thailand yang saling jegal nanti malam memiliki poin sama, yaitu 10. Vietnam berada di puncak klasemen sementara Grup A karena memiliki selisih gol 11:2. Sedangkan Thailand berada di bawahnya dengan selisih gol 6:0.

Salah satu dari mereka akan tersingkir jika kalah dan pada laga lainnya Indonesia menang atas Myanmar. Pada kondisi ini Indonesia akan keluar sebagai runner-up mendampingi Vietnam atau Thailand sebagai juara grup.

Baca Juga: Sulitkan Thailand, 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Ini Tuai Pujian

Sebaliknya Vietnam dan Thailand bisa lolos ke semifinal jika bermain imbang, dan pada pertandingan lainnya Indonesia kalah atau seri melawan Myanmar.

Namun jika Vietnam vs Thailand seri dan pada laga lainnya Indonesia menang dari Myanmar, nilai ketiga tim sama yaitu 11.  Penentuan siapa yang lolos semifinal akan ditentukan oleh head to head terlebih dulu baru. Jika nilainya masih sama penentuan peringkatnya menggunakan selisih gol dan agresivitas gol.

Dalam posisi ini, Indonesia bakal lolos sebagai juara grup jika Vietnam vs Thailand berakhir imbang dengan skor 0-0. Hal ini karena head to head ketiga tim sama, yaitu 0-0. Untuk menentukan peringkat dipakai selisih gol di mana Indonesia saat ini paling produktif dengan +11, disusul Vietnam +9 dan Thailand +6.

Baca Juga: Jadwal Grup A Piala AFF U-19 Hari Ini, Hidup-Mati Indonesia

Namun jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan skor 1-1, 2-2 atau lebih, Indonesia dipastikan tersingkir dan gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Mengapa demikian? Head to head Indonesia kalah dari Vietnam maupun Thailand karena sebelumnya Indonesia bermain imbang 0-0 saat melawan Vietnam maupun Thailand. Dengan demikian Vietnam dan Thailand yang lolos ke semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya