SOLOPOS.COM - Ilustrasi erupsi Gunung Semeru. (Antara/HO/warga Desa Oro-oro Ombo)

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali erupsi, Kamis (16/12/2021) pagi, sekitar pukul 09.01 WIB. Kondisi ini pun membuat tim SAR yang tengah bertugas harus menjauh dari lokasi bencana Gunung Semeru untuk menyelamatkan diri.

Kondisi Gunung Semeru yang erupsi itu terekam dalam video dan diunggah akun Instagram @lumajangsatu. Dalam video terlihat jelas kondisi Semeru yang mengeluarkan awan panas atau yang populer dengan istilah wedus gembel.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Erupsi #Semeru berupa Awan Panas Guguran, tanggal 16 Desember 2021 pukul 09:01 WIB, tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm lama gempa 912 detik. Jarak luncur 4.5 km dari puncak arah Besuk Kobokan,” tulis akun @lumajangsatu dalam unggahannya.

Baca juga: Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas, Warga Panik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by lumajangsatu.com (@lumajangsatu)

Dalam unggahan video lainnya, erupsi Semeru yang kembali terjadi itu membuat warga panik. Terlihat aparat TNI melakukan evakuasi terhadap warga agar menuju lokasi yang aman.

Sementara itu dikutip dari Suara.com, Gunung Semeru yang kembali erupsi itu dibenarkan Kepala Desa Supiturang, Nurul Yakin. “Tadi erupsi, tadi sempat panik,” ujarnya.

Nurul menjelaskan, warga desa setempat sempat panik dan berlari ke tempat pengungsian. Namun, sekitar pukul 10.00 WIB suasana sudah mulai kondusif. “Tapi sudah meredah baru saja ini jam 10.00an,” kata dia.

Baca juga: Jumlah Pengungsi Bencana Semeru Lebih dari 10.000 Jiwa

Sementara itu, Nurul masih belum mendapatkan laporan dampak kerusakan atau korban jiwa akibat kembali erupsinya Gunung Semeru itu.

“Tidak ada dampak lanjutan, hanya panik sebentar. Panik dari jam 09.01,” tutur dia.

Nurul mengimbau warga agar tetap waspada. Dia meminta warga agar senantiasa berdoa untuk keselamatan. “Dan jangan panik jangan terburu-buru tetap waspada saja,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya