top ear
Ilustrasi semburan gas alam. (Antara-Rahmad)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi semburan gas alam. (Antara-Rahmad)

Gas Menyembur di Blora, Pertamina EP Turun Tangan

Gas alam yang menyembur di sumur air Desa Ngraho, Kabupaten Blora, Jateng ditangani PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field.
Diterbitkan Kamis, 3/12/2020 - 02:20 WIB
oleh Solopos.com/Muhammad Ridwan
2 menit baca
Festival Ayo Membaca 2021

Solopos.com, JAKARTA — Gas alam menyembur di sumur air Desa Ngraho, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field pun turun tangan menangani semburan gas di sumur warga Desa Ngraho, Blora, Jateng tersebut.

Cepu Field Manager Afwan Daroni menjelaskan Pertamina EP telah memasang rangkaian pipa guna menyalurkan gas ke pekarangan rumah di Blora yang kemudian akan diproses melalui pembakaran (flaring). Langkah tersebut telah mendapatkan persetujuan dinas terkait.

Fengsui Kamar Mandi: Bukan Hanya Material, Perhatikan Juga Hal Ini…

"Sebelum melakukan penanganan tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang yakni Dinas ESDM Kendeng Selatan," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (2/12/2020).

Kejadian semburan gas itu bermula saat pengeboran untuk membuat sumur air, Jumat (27/11/2020) lalu.

Suara Gemuruh

Pekerjaan terpaksa dihentikan saat penggalian sumur mengetes sumber air pada kedalaman 48 m. Dari dalam sumur itu terdengar suara gemuruh disertai keluarnya gas.

Sebagai antisipasi awal, sumur tersebut ditutup oleh pemilik rumah dengan kain basah guna menghindari ledakan. Setelah kabar adanya semburan gas di sumur Blora itu sampai ke aparat berwenang itulah, Pertamina EP dilibatkan.

Prabowo Subianto & Fadli Zon Posting Pangeran Diponegoro, Apa Maunya?

Pada Senin (30/11/2020), Pertamina EP dan Dinas ESDM mendapatkan laporan dari pemilik rumah di Blora itu atas kejadian tersebut. Tim yang datang ke lokasi langsung mengukur gas dan tidak ditemui kandungan gas beracun H25 yang menyembur dari dalam sumur.

"Begitu laporan masuk, kami langsung berkoordinasi dengan dinas untuk merumuskan langkan penangangan yang tepat," jelasnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini