SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video pemadam kebakaran Sragen kecele. (Facebook @infosumberlawang)

Solopos.com, SRAGEN — Tim pemadam kebakaran atau damkar Sragen dibikin kecele saat menindaklanjuti adanya informasi kebakaran pabrik mebel di kawasan Kalijambe yang masuk ke Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Sragen, Jumat (27/8/2021).

Kejadian terkait damkar Sragen itu terekam dalam sebuah video yang diunggah di media sosial yakni fanpage Facebook, Info Seputar Sumberlawang dan Sekitarnya. Video berdurasi 19 detik menampilkan pemandangan di depan Polsek Kalijambe pada Jumat sore, dimana terdapat tiga mobil damkar parkir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini untuk damkar-e juga bingung ini masih di depan Polsek Kalijambe. Tempat-e [kebakaran] belum ketemu juga,” ujar narasi suara dalam video itu.

Baca juga: Baznas Sragen Ikut Promosikan Kerajinan Sulami si Manusia Kayu

Keterangan yang dihimpun Solopos.com, awalnya sebuah informasi adanya kebakaran pabrik mebel di Kalijambe masuk ke Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen. Sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) bila tim damkar harus segera meluncur ke lokasi jika ada laporan terjadinya kebakaran.

Tiga unit mobil damkar pun dikerahkan membelah kepadatan lalu lintas di jalan Solo-Purwodadi wilayah Sragen pada Jumat petang. Sepanjang perjalanan menuju Kalijambe, Sragen, suara sirine dari mobil damkar itu meraung-raung.

Tak Terlihat Kepulan Asap

Umumnya sebuah kebakaran, biasanya muncul kepulan asap yang membubung tinggi. Itu bisa jadi petunjuk tim damkar untuk mengetahui lokasi atau titik kebakaran.

Baca juga: Tawarkan Untung Fantastis, Begini Skema Arisan Online dan Arisan Investasi Dijalankan

Akan tetapi, kepulan asap itu tidak terlihat oleh tim damkar yang sampai di kawasan Kalijambe. Tim damkar pun sempat kebingungan mencari lokasi kebakaran. Hingga akhirnya, mereka berhenti di depan Polsek Kalijambe.

“Jum’at ( 27/8) Pemadam kebakaran Kabupaten Sragen mendapat informasi tentang kejadian kebakaran pabrik kayu di wilayah Kalijambe sekitar pukul 17:16 WIB. Tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan akan tetapi sesampai di depan POLSEK KALIJAMBE petugas tidak menemukan alamat kejadian tersebut. Setelah dikonfirmasi ternyata kejadian kebakaran tersebut terjadi di Desa Kalijambe, Kecamatan Sragi, Pekalongan. Tetap semangat buat petugas,” demikian keterangan yang disertakan dalam unggahan video tersebut.

Kasi Pemadam dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo, membenarkan adanya informasi yang menyebutkan terjadi kebakaran di Kalijambe. Akan tetapi, Kalijambe yang dimaksud bukan di Sragen, melainkan Desa Kalijambe di Kecamatan Sragi, Pekalongan.

“Ini bukan prank. Penelepon sudah dikonfirmasi, keterangannya karena panik. Damkar Pekalongan juga sudah dikonfirmasi dan membenarkan sesuai waktu laporan masuk ada jaya 65 [musibah kebakaran] dan alamat sesuai. Jadi bukan informasi palsu, tapi semata karena faktor kepanikan dari penelepon,” jelas Anton Sujarwo, Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Derita Member Arisan Aleghoz Sragen, Kini Tak Punya Biaya Berobat Anak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya