SOLOPOS.COM - The Witches. (HBO Max)

Solopos.com, SOLO — Warner Bros meminta maaf setelah dikritik oleh komunitas penyandang disabilitas atas gambaran karakter Anne Hathaway dalam The Witches. Dalam sebuah pernyataan, pihak studio mengungkapkan penyesalan yang mendalam atas penggambaran tersebut.

Tayangkan Film LGBT, Sutradara Festival Didenda Rp9 Juta

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Film yang disutradari Robert Zemeckis baru-baru ini menimbulkan kontroversi karena gambaran karakter jahat Penyihir Agung, kehilangan jari. Karakter jahat yang diperankan Anne Hathaway ini menunjukkan bahwa dia memiliki Ectrodatyly, atau kelainan anggota tubuh yang biasa disebut tangan terbelah.

Penggambaran Zemeckis tentang fisik penyihir adalah penyimpangan penting dari novel fantasi gelap karya Dahl tahun 1983 itu. Dalam novel asli, penyihir digambarkan memiliki cakar, bukan kuku. Hal ini diilustrasikan dari sampul edisi pertama yang menunjukkan semua lima jari.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara Zemeckis menata ulang tampilan penyihir dengan tiga jari, yang mana hal ini menyerupai ketidaknormalan anggota tubuh di kehidupan nyata.

Penggambaran Keliru

Komunitas berpendapat hal tersebut dapat menimbulkan persepsi yang melanggengkan anggapan disabilitas adalah hal yang menakutkan. Penggambaran ini juga dikritik oleh Atlet paralimpiade Amy Marren.

Film Dokumenter Putri Diana Akan Rilis Musim Panas 2022

Atlet tersebut mengatakan bahwa dirinya kecewa dengan Warner Bros. Dalam twitnya, Amy mempertanyakan bahwa ada banyak pemikiran yang diberikan tentang reprsentasi anggota tubuh. Dalam akun Twitter pribadinya, Amy menulis “Perbedaan anggota tubuh tidak menakutkan. Perbedaan harus dirayakan dan kecacatan harus dinormalisasi.”

Amy menjelaskan bahwa penggambaran Warner Bros, dapat membuat seseorang dengan kondisi berbeda (disabilitas) direpresentasikan sebagai sesuatu yang menakutkan. “Ya, saya sepenuhnya sadar bahwa ini adalah film, dan ini adalah Penyihir. Tapi penyihir pada dasarnya adalah monster,” katanya.

“Ketakutan saya adalah anak-anak akan menonton film ini, tanpa menyadari bahwa film tersebut terlalu membesar-besarkan novel asli Roald Dahl dan perbedaan anggota tubuh mulai ditakuti,” tegas Amy.

RespectAbility, sebuah organisasi yang mengadvokasi individu penyandang disabilitas,mengatakan kecenderungan Hollywood menjelekkan karakter jahat , dapat menyebabkan orang takut pada orang yang tidak sama dengan mereka.

Garap Pinocchio, Disney Gaet Stephen Graham dan Alan Cumming

Presiden RespectAbility Lauren Appelbaum, juga mempertanyakan pesan apa yang akan dikirimkan kepada anak-anak dengan gambaran tersebut.

Warner Bros Menyesal

Sementara itu juru bicara Warner Bros memberikan pernyataan bahwa studio sangat menyesal karena penggambaran karakter fiksi The Witches, membuat penyandang disabilitas merasa kesal.

“Dalam mengadaptasi cerita aslinya, kami bekerja dengan desainer dan seniman untuk menghasilkan interpretasi baru dari cakar seperti kucing yang dijelaskan dalam buku," katanya.

Juru bicara tersebut juga menambahkan harapan Warner Bros, dalam pernyataan tersebut. “Harapan kami adalah keluarga dan anak-anak dapat menikmati film tersebut dan merangkul tema penuh kasih yang memberdayakan ini.”

Donal Logue Perankan Brian Irons di Reboot Resident Evil

The Witches sendiri memulai debut di HBO Max pada bulan Oktober. Ini merupakan film kedua yang diadaptasi dari buku anak-anak populer Dahl. The Witches berpusat pada anak laki-laki yang tersandung pada sekelompok penyihir saat tinggal bersama neneknya.

Setelah mengetahui rencana jahat mereka untuk mengubah anak-anak menjadi tikus, dia bekerja sama dengan sang nenek untuk menggagalkan rencana tersebut. Film adaptasi tersebut diperankan oleh Anne Hathaway, termasuk aktor pendatang baru Jahzir Kadeem Bruno, Octavia Spencer, Stanley Tucci, Chris Rock, dan Kristin Chenoweth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya