SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi

DUMAI–Dua penerbangan dari Bandara Pinang Kampai Dumai, Riau dibatalkan karena kabut asap sebagai dampak pembakaran hutan dan lahan di kota itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPT Bandara Pinang Kampai Dumai, Catur Hargowo, Rabu (19/6/2013), mengatakan akibat jarak pandang udara di bawah 1.000 meter, pihaknya membatalkan keberangkatan dua maskapai pesawat yakni Sky Aviation dan Pelita Air.

Pesawat Fokker F-50 milik maskapai Sky Aviation dijadwalkan berangkat dari Bandara Pinang Kampai, sekitar pukul 09.15 WIB dengan rute Dumai-Pekanbaru.

Sementara itu, maskapai pesawat carteran Pelita Air dengan jenis Cassa tujuan Dumai-Jakarta dijadwalkan berangkat pada pukul 10.00 WIB.

“Kami batalkan keberangkatan dua pesawat pagi ini karena jarak pandang udara tidak sampai 1.000 meter akibat kabut asap,” kata Catur.

Dijelaskan, kondisi asap sudah mencapai ketebalan yang ekstrem dan tidak ideal untuk melakukan penerbangan pesawat.

“Bandara tidak kami tutup, hanya membatalkan dua pesawat yang membawa penumpang masyarakat umum dan karyawan Pertamina dan Chevron,” ungkap Hartowo.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Dumai, Hadiyono menyampaikan NOAA-18 menangkap hotspot sebanyak 3 titik api di wilayah kota Dumai.

“Kami masih berusaha memadamkan api dengan menurunkan tiga tim regu pemadam kebakaran di sejumlah lokasi yang terjangkau,” terang Hadiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya