Gara-Gara Jokowi, Porang Varietas Madiun-1 Banyak Diburu, Penyedia Benih Kewalahan

Permintaan porang varietas Madiun-1 melonjak menjelang musim tanam tahun ini. Permintaan datang bukan hanya dari loka jatim namun juga luar pulau.
Gara-Gara Jokowi, Porang Varietas Madiun-1 Banyak Diburu, Penyedia Benih Kewalahan
SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menyortir benih porang varietas Madiun-1 di gudang milik PT Repindo di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Selasa (21/9/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Permintaan benih porang varietas Madiun-1 meningkat tajam menjelang musim tanam porang pada tahun ini. Bahkan permintaan juga datang dari berbagai provinsi.

“Ini pesanan sudah membeludak. Baik untuk benih berupa umbi maupun katak,” kata Direktur PT Repindo, Mustofa, Selasa (21/9/2021).

Mustofa menuturkan untuk pesanan benih berupa umbi porang sejauh ini sudah mencapai 150 ton. Untuk benih umbi, dia menuturkan hanya dijual kepada petani di wilayah Jawa Timur. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan benih varietas Madiun-1.

“Kalau benih umbi memang belum kami jual ke luar pulau. Karena kami ingin varietas Madiun-1 bisa dikembangkan di petani-petani sekitar Madiun,” ujarnya yang menyebut perusahaannya merupakan salah satu pemilik izin edar porang varietas Madiun-1.

Baca Juga: Pasca Dikunjungi Presiden Jokowi, Benih Porang Madiun-1 Laris Manis

Sedangkan untuk pesanan dari luar pulau, kata Mustofa, benih yang dipesan adalah jenis katak. Pemesannya tersebar dari Aceh, Bali, Sulawesi, Kalimantan, hingga Jakarta. Saat ini tercatat sekitar 500 kg benih porang jenis katak yang siap kirim.

“Di gudang ini, semua benih porang, baik jenis katak maupun umbi sudah dipesan. Saat ini kami belum memiliki stok yang ready,” kata Mustofa.

Dikarantina Dulu

Untuk memastikan benih porang yang berkualitas, dia menuturkan semua benih dari petani harus menjalani karantina dua pekan di gudang. Setelah itu, pihaknya akan menyortir umbi dan katak tersebut.

“Karantina ini untuk mengetahui kualitas benih porang itu. Kalau kualitasnya buruk atau busuk ya disisihkan. Ada mekanisme verifikasi yang dilakukan,” katanya.

Baca Juga: Porang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Melonjaknya permintaan porang Madiun-1 terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Madiun 19 Agustus 2021 untuk meresmikan pabrik pengolahan di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Hal tersebut dikonfirmasi Ketua Yayasan Masyarakat Porang Indonesia (YMPI). “Ini yang telepon dan sudah serta akan berkunjung dari luar daerah cukup banyak. Terlebih pasca kunjungan Pak Presiden 19 Agustus lalu. Banyak yang tanya benih porang Madiun-1,” kata dia, Senin (13/9/2021).

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago