SOLOPOS.COM - Wakil Ketua PWM Ali Muchson (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Lazismu Sragen yang diterima Ketua PDM Sragen Abdullah Affandi didampingi Ketua Badan Pengurus Lazismu Sragen Ridwan Adi Sukmono di Semarang, belum lama ini. (Istimewa/Lazismu Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah atau Lazismu Sragen meraih penghargaan tingkat nasional lantaran berhasil memberdayakan 120 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lewat program Hikmu Bangun Sukowati.

Selain itu, Lazismu Sragen juga memborong sembilan penghargaan lainnya tingkat Jawa Tengah (Jateng). Manajer Lazismu Sragen, Ronny Megas Sukarno, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (29/3/2022), mengungkapkan program pemberdayaan ekonomi lewat Hikmu Bangun Sukowati untuk mendukung sustainable development goals (SDGs).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Lazismu Sragen Kasih Bantuan Warga Mondokan yang Rumahnya Ambruk

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menerangkan program ini digulirkan sejak 2018 dan hingga sekarang mampu memberdayakan 120 pelaku UMKM di Sragen. Para pelaku UMKM itu, katanya, dibina dan bahkan difasilitasi gerobak Hikmu. Dia menyebut sudah ada 25 gerobak Hikmu yang tersebar di Kabupaten Sragen. “Kami juga mendapat sembilan penghargaan tingkat Jateng terkait kinerja Lazismu Sragen,” tutur dia.

Penghargaan tersebut di antaranya juara I penghimpunan Rendangmu, juara I donatur terbanyak, juara I karyawan eksekutif terbanyak, dan juara I indikator aksi layanan tertinggi. Selain itu, Lazismu Sragen mendapat juara II penghimpunan dana ZIS terbanyak Jateng, juara II penghimpunan Ramadan tertinggi Jateng, juara III penghimpunan zakat tertinggi Jateng.

Baca Juga : Lazismu Sragen Sukses Raih 3 Kali Opini WTP Berturut-Turut

Kemudian, juara III penghimpunan dana kemanusiaan tetringgi dan juara III pelayanan ambulans terbanyak Jateng. Dengan prestasi tersebut, Ronny berharap warga Muhammadiyah di Sragen semakin bangga dengan Lazismu Sragen dan bersemangat menunaikan zakat, infak, dan sedekah lewat Lazismu Sragen.

Dia mengungkapkan prestasi ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Lazismu Sragen. “Bagi kami menjadi pemacu semangat untuk terus menegakkan rukun Islam yang ketiga serta membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Bumi Sukowati,” ujar dia.

Baca Juga : Lazismu Sragen Kirim 240 Kaleng Rendangmu Untuk Pengungsi Erupsi Semeru

Ronny mengatakan penghargaan ini menjadi nilai positif karena prestasi tersebut akan berdampak pada meningkatnya jumlah donatur. Dia mengatakan prestasi itu juga menunjukkan profesionalitas Lazismu Sragen.

Penghargaan diserahkan dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA), dan Badan Pengurus Lazismu se-Jateng di Semarang, Minggu (20/3/2022) lalu.

“Alhamdulillah Lazismu Sragen mendapatkan 10 penghargaan dalam pengelolaan Lazismu tingkat Jateng maupun nasional. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dan berkoordinasi dengan Lazismu Sragen,” kata Ketua Badan Pengurus Lazismu Sragen, Ridwan Adi Sukmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya