SOLOPOS.COM - Sebagai Ketua DPR, jumlah kekayaan Puan Maharani tak luput jadi sorotan publik. (Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberi tanggapan atas masuknya nama Ganjar Pranowo sebagai salah satu bakal calon presiden (bacapres) Partai Nasdem.

Menurut Puan, masuknya nama Ganjar Pranowo dalam bursa capres Nasdem sebagai hal yang biasa saja.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Selama ini, Ganjar Pranowo dipersepsikan publik sebagai rival Puan di internal PDIP menuju Pilpres 2024.

Puan mengatakan pihaknya menghormati kebijakan internal dari partai politik lain, termasuk Nasdem yang baru saja mengumumkan nama bakal capres untuk diusung di 2024.

Baca Juga: Nomor 3 Usulan DPW Nasdem, Erick Thohir Dicoret Surya Paloh

Namun Puan memastikan PDIP punya mekanisme sendiri dalam menentukan capres-cawapresnya.

“Jadi biasa saja. Kalau PDIP kan punya mekanisme tersendiri juga untuk menentukan bakal capres dan bakal cawapres. Jadi, ya silakan saja itu berarti mekanisme setiap partai politik berbeda-beda. Jadi menurut saya sah-sah saja,” ujar Puan dalam keterangan resminya, Sabtu (18/6/2022).

Puan menuturkan, sesuai dengan amanat kongres PDIP bahwa yang akan menjadi bacapres adalah merupakan hak prerogratif dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Tidak Hanya Prabowo, Trah SBY Juga Tak Dilirik Partai Nasdem

Untuk itu, sambungnya, seluruh kader partai yang menjadi bacapres merupakan keputusan ketua umum sesuai dengan hasil kongres.

Puan memastikan PDIP tak merasa terganggu dengan manuver Nasdem. Pasalnya, hal itu merupakan urusan internal masing-masing partai politik, yang memiliki mekanisme masing-masing dalam membuat keputusan.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga telah merespons hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Jumat kemarin.

Baca Juga: Ketemu Surya Paloh, Prabowo Subianto Malah Tak Dilirik Partai Nasdem

Rakernas itu menetapkan Ganjar bersama Anies Baswedan dan Andika Perkasa sebagai bacapres NasDem.

Ganjar menegaskan dirinya sangat menghormati Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ganjar bahkan menyebut Megawati sudah dianggapnya sebagai orang tua sendiri yang saran dan petunjuknya akan selalu diikuti.

“Saya ini orang yang dididik untuk sangat hormat dengan orang tua, maka saya sangat menghormati orang tua termasuk orang tua saya di partai. Orang tua saya sekarang sudah tiada, sekarang orang tua saya ya Bu Mega,” katanya dalam siaran resminya, Sabtu (18/6/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Nama Ganjar Masuk Bursa Bacapres Partai Nasdem, Begini Respons Puan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya