Ganjar : Kebersihan RS Percepat Kesembuhan Pasien

kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygiene yang baik yaitu bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau.
Ganjar : Kebersihan RS Percepat Kesembuhan Pasien

Solopos.com, PEMALANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungan sidaknya di Pemalang dibuat terheran-heran dengan kondisi yang ada di RSUD M Ashari Pemalang. Pasalnya, dalam kunjungannya di hari Minggu (4/7/2021) lalu, Ganjar melihat kondisi rumah sakit yang sangat kotor.

Mengutip Detik.com, Sabtu (10/7/2021), Ganjar meminta salah satu staf di RSUD tersebut untuk membersihkan rumha sakit yang sangat kotor itu. “Pak ini dibersihin, jangan seperti ini. Rumah sakite aja kemproh lah!” (Rumah sakitnya jangan jorok lah), ungkap Ganjar dalam video kunjungannya yang juga diunggah di akun Instagram pribadinya @ganjar_pranowo

Ganjar mendapati lantai rumah sakit tidak bersih, berdebu dan kotor. Sampah plastik dan beberapa botol minuman juga berserakan. Ganjar juga melihat beberapa keluarga pasien duduk di kursi tunggu IGD yang sudah aus dan tidak nyaman diduduki.

Ganjar Pranowo tegur pimpina RSUD Ashari Pemalang dan Wabup Pemalang terkait kebersihan di rumah sakit
Ganjar Pranowo tegur pimpinan RSUD M Ashari Pemalang dan Wabup Pemalang terkait kebersihan di rumah sakit (Detik.com)

Baca Juga : Beri Contoh Penerapan PPKM, Ganjar Santap Siang di Parkiran

Selain itu, Ganjar juga melihat Gedung IGD yang tidak terawat. Gedung itu kosong dan dindingnya banyak ditumbuhi hama rumput liar. Dalam kunjungan itu, Ganjar menegur langsung pimpinan RSUD dan juga Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang ikut mendampinginya.

Tegurannya kepada sang Waki Bupati untuk segera memperbaiki kondisi RSUD yang jauh dari standar kebersihan yang harus diterapkan oleh fasilitas  kesehatan, seperti  rumah sakit pada umumnya.

Dalam kunjungannya ke RSUD Pemalang ini, Ganjar ingin memastikan warga mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal dari pihak rumah sakit. Apalagi di tengah PPKM Darurat dan kondisi kasus COVID-19 seperti saat ini.

Baca Juga : BUMDes Penggarit Angkat Potensi Desa Wisata Hutan Lindung

Sebelumnya, di Kota Pekalongan, Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di RSUD Bendan Kota Pekalongan, Asrama Unikal dan SMPN 4 yang digunakan sebagai isolasi mandiri (isoman) terpusat. Ganjar juga ingin memastikan penerapan PPKM Darurat di daerah-daerah.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Solopos.com di berbagai situs kesehatan, menjelaskan bahwa kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygiene yang baik yaitu bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau.

Lingkungan yang nyaman secara tidak langsung akan mempercepat kesembuhan, memudahkan perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien, mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi silang, menumbuhkan kepercayaan dan kesan baik kepada pasien dan keluarganya maupun masyarakat terhadap rumah sakit.

Baca Juga : Kades Kalimas Pemalang Luruskan Video Viral Mbah Tawen

Cara menjaga ruang perawatan pasien agar bersih dan tertata rapi dengan melakukan pembersihan rutin setiap hari meliputi pembersihan permukaan meja dan tempat tidur pasien atau peralatan lain yaitu dengan lap lembab menggunakan disinfektan tingkat rendah sesuai zona risikonya minimal sehari sekali, membersihkan lantai dengan menggunakan lobby duster kemudian mengepel dengan menggunakan mop minimal sehari 2 kali atau bila nampak kotor.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago