SOLOPOS.COM - Gubernur Ganjar Pranowo (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membubarkan konvoi sepeda yang pesertanya tidak mematuhi penerapan protokol kesehatan (prokes) sehingga berpotensi memperluas penyebaran Covid-19.

Mengutip Antara, Minggu (29/8/2021), pembubaran konvoi sepeda yang diikuti ratusan pesepeda oleh orang nomor satu di Jateng itu terjadi di Kawasan Pucanggading, Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Minggu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat bersepeda di kawasan tersebut, Ganjar melihat ada kerumunan warga yang terdiri atas anak-anak hingga dewasa di halaman Masjid Jami Baitul Muttaqin. Mereka ternyata merupakan peserta acara Pit-Pitan Bareng, serta sedang bersiap untuk konvoi. “Mas, jenengan tidak pakai masker, jenengan juga. Panitianya siapa ini?” kata Ganjar saat mencari panitia atau penanggung jawab pelaksana kegiatan tersebut di lokasi.

Baca Juga : Berbahan Dasar Lempung, Camilan Ini Dijadikan Obat

Ternyata orang yang ditemui pertama dan tidak mengenakan masker itu adalah penanggung jawab kegiatan. Mengetahui hal itu, Ganjar langsung memberikan peringatan kepada panitia terkait kegiatan yang melanggar protokol kesehatan tersebut.

“Mas, jenengan tahu tidak ini belum boleh? Kasihan lho mas anak-anak ini. Kita Covid-nya sudah mau baik, kalau begini caranya rusak nanti, Mas. Ada izin tidak dari kepolisian?” kata Ganjar kepada panitia.

Jawaban dari orang yang mengaku penanggung jawab kegiatan itu justru membuat Ganjar semakin kesal, apalagi orang itu membawa anak-anak sebagai alasan. “Tidak ada, Pak. Ini dari anak-anak. Ini cuma berputar satu RW,” ujar pria yang mengenakan baju lurik tersebut.

Baca Juga : Inilah Kecap Legendaris Pati yang Bercitarasa Tinggi

Mendengar jawaban itu, Ganjar langsung meminta agar panitia segera mengakhiri kegiatan tersebut karena banyak panitia, peserta, maupun orang tua yang mengikuti atau menyaksikan acara itu tidak mengenakan masker.

Ganjar kemudian menjelaskan bagaimana kondisi Covid-19 di Jateng saat ini belum benar-benar baik. Meskipun ada penurunan di sejumlah daerah, namun masyarakat diminta tetap waspada dan tidak bereuforia apabila di daerahnya terjadi penurunan level.

Ganjar tetap memberikan solusi agar anak-anak yang sudah telanjur siap untuk bersepeda keliling satu putaran. Warga harus membatasi kegiatan itu tidak lebih dari 15 menit, serta meminta panitia agar peserta dan warga yang tidak memakai masker untuk langsung pulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya