SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau proyek betonisasi jalan raya di Kabupaten Blora, Jateng, Rabu (26/10/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BLORA — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berjanji melakukan percepatan perbaikan infrastruktur jalan di wilayahnya. Ganjar bahkan menargetkan 95 persen jalan milik Provinsi Jateng dalam kondisi baik atau tersisa 5 persen yang mengalami kerusakan hingga akhir tahun 2022 nanti.

Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau perbaikan jalan Mulyorejo-Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Rabu (26/10/2022). Ganjar mengatakan salah satu strategi percepatan yang dilakukan adalah dengan menggandeng bupati dan wali kota di Jateng.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Melihat dan memastikan ini bantuan keuangan kita berjalan baik dan ini hasilnya cukup bagus sehingga bisa membantu kabupaten. Bupati juga berikhtiar, ini bagian dari cara kita kerja gotong royong. Jadi ada yang dari kabupaten, ada dari kita [Pemprov Jateng],” jelasnya.

Jalan Mulyorejo-Nglora merupakan jalan penghubung antardesa dan akses menuju Bandara Ngloram. Saat ini proses pengerjaan baru mencapai 57 persen. Pengerjaan jalan itu bersumber dari bantuan keuangan Pemprov Jateng tahun anggaran 2022 senilai Rp12 miliar. Panjang jalan yang dilakukan peningkatan dengan betonisasi mencapai 2,750 km.

Menariknya, pembangunan jalan di antara Kabupaten Blora-Kabupaten Bojonegoro, tidak hanya bersumber dari bantuan Pemprov Jateng dan Pemkab Blora tetapi ada juga bantuan dari Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Menurut Ganjar, hal itu bukan masalah karena di antara kepala daerah telah memiliki kesepakatan dan pola pikir yang digunakan sudah lebih luas.

Baca juga: Imbas Hujan Deras, Talut Jalan Penghubung 2 Kelurahan di Ungaran Amblas

“Bahkan di antara kawasan Blora sama Bojonegoro itu menarik karena Bojonegoro juga membantu jalan di Blora. Ini model kerja sama yang menurut saya bagus karena cara berpikir kepala daerahnya adalah kawasan sehingga masyarakat akan bisa mendapatkan fasilitas itu,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu Ganjar juga sempat menyampaikan hingga Agustus 2022 kemarin, sudah sekitar 90 persen jalan rusak yang telah dibenahi. Jalan raya yang mulus ini menjadi salah satu penunjang pertubuhan ekonomi warga Jawa Tengah.

“Untuk infrastruktur jalan, alhamdulillah dari 2.404 kilometer jalan provinsi saat ini 90 persen lebih kondisinya sangat baik. Sampai akhir tahun nanti kita targetkan mencapai 95 persen,” kata Ganjar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya