SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil saat ini sedang berkolaborasi dengan sekitar 22 produk lokal yang ada di Jabar, Jawa Tengah (Jateng) hingga Jawa Timur (Jatim) untuk memproduksi sebuah karya spesial. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Solopos.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, tengah memproduksi sebuah karya spesial. Untuk mewujudkannya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menggaet produsen 22 produk lokal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Kolaborasi ini menjadi peristiwa pertama di Indonesia, di mana endorser seorang pejabat, mengendorsnya itu bukan mempromosikan langsung. Total ada 22 brand yang merasa punya chemistry sama saya,” kata Kang Emil, di Bandung, Senin (8/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kang Emil mengatakan kolaborasi tersebut tidak sekadar gimmick karena dirinya secara langsung ikut corat-coret desain tiap produk. Ia masih merahasiakan produk dimaksud. “Nanti ada produk lokal yang saya desain khusus,” ujar Ridwan Kamil.

Baca juga: DIY Resmi Perpanjang PPKM, Penanganan Penderita Covid-19 Perlu Ditingkatkan

Kolaborasi tersebut dinamai #inilokalinikolaborasi yang bertujuan bukan hanya ingin membantu pengusaha lokal yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. “Saya ingin mencoba gagasan baru dengan ikut serta mendesain serta memasarkannya. Karena sifatnya khusus, ternyata yang mau bukan hanya Jabar tapi saya membuka diri ada dari Jabar, Jateng, Jatim,” kata dia.

Dia berharap kolaborasi ini menjadi contoh bagaimana pemimpin menolong dengan cara unik tidak harus bersifat memberi modal. “Bedanya saya punya basic design karena berlatar belakang arsitek, sehingga brand juga punya semangat yang klik,” kata dia.

Segera Diluncurkan

Dia menuturkan saat ini proses kolaborasi baru tahap finalisasi desain akhir menjelang produksi dan rencananya produk diluncurkan dalam waktu dekat. Rencananya produk tersebut diluncurkan bersama selebriti dengan konsep lelang.

Baca juga: Jokowi Akan Tinjau Langsung Vaksinasi 500 Seniman di Bantul, Rabu Besok

“Jadi nanti semua teknik marketing akan kami maksimalkan baik postingan dari saya, ada influencer, selebriti yang mau dilaunching dalam bentuk lelang,” kata dia.

Selain ikut mendesain, Kang Emil juga ingin total dalam proses marketing dengan harapan produk bisa dijual dengan harga tinggi dan memberi dampak positif bagi pelaku usaha industri lokal.

Kang Emil memberikan bocoran bahwa produk yang ia desain mengusung tema dwi warna atau duo tone dengan balutan aksen batik mega mendung dan dirinya memastikan. Produk yang dibuat punya kualitas baik.

“Saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru, itu dunia saya. Waktu saya dosen, proses mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer,” ujar Kang Emil.

Baca juga: Kegiatan Usaha di Soloraya Meningkat, Ini Penjelasan BI

Kang Emil berharap gerakan yang ia gagas bisa membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi dan dirinya meyakini, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk mancanegara.

“Kemarin kan Pak Presiden ber-statement untuk mendukung produk lokal. Mari dukung produk lokal dan beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar tanpa memberi tahu karena saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik,” lanjut Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya