SOLOPOS.COM - Warga antre membeli minyak goreng curah saat operasi pasar minyak goreng curah di Lapangan Desa Megawon, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (20/4/2022). Operasi pasar yang digelar pemerintah desa setempat itu menyediakan sebanyak 8.000 liter bagi masyarakat umum dengan harga lebih murah dari pasaran yakni Rp14 ribu per liter guna meringankan beban masyarakat jelang lebaran. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.

Solopos.com, SOLOPemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan pelaku usaha minyak goreng meluncurkan Program Migor Rakyat. Lantas bagaimana cara membeli minyak goreng rakyat ini?

Sebelumnya dijelaskan, program ini bertujuan agar penjualan minyak goreng curah dengan harga Rp14.000/liter dapat tepat sasaran, yaitu untuk masyarakat berpendapatan rendah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Program ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha migor [minyak goreng] untuk rakyat. Sepenuhnya dijalankan melalui proses bisnis antara distributor minyak goreng dengan para pengecer atau pelaku usaha kecil. Tidak ada subsidi minyak goreng untuk para pengusaha dan pada waktunya akan menjadi suatu terobosan bisnis model baru,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (17/5/2022) seperti dilansir Bisnis.com.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menjelaskan Program MigorRakyat menekankan pada transaksi eceran langsung kepada penerima manfaat, yaitu kelompok masyarakat berpendapatan rendah.

Implementasi dilaksanakan oleh pelaku usaha minyak goreng menggunakan teknologi aplikasi digital untuk memastikan penjualan minyak goreng curah Rp14.000/liter tepat sasaran. Para pengecer akan melakukan penjualan kepada masyarakat sebanyak 1 atau 2 liter per hari berbasis kartu identitas atau KTP.

Baca Juga: Keran Ekspor CPO di Buka, Harga Minyak Goreng Masih Mahal

“Daftar lokasi penjualan [titik jual] Program Migor Rakyat yang menggunakan platform Gurih Indomarko dan Warung Pangan IDFood dapat diakses oleh siapa saja. Saat ini sudah ada 1.200 lokasi yang tersebar di lima provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Utara. Dalam waktu dekat, jumlahnya akan menjadi 10.000 lokasi di seluruh Indonesia,” terang Oke.

Seperti diketahui Pemerintah mulai membuka ekspor crude palm oil (CPO) dan minyak goreng per hari ini, Senin (23/5/2022). Tetapi, harga minyak goreng curah justru masih jauh dari Harga Eceran Tertinggi atau HET Rp14.000.

Berdasarkan pantauan dari Pusat Informasi Harga Pangan dan Strategis (PIHPS) Nasional, Senin (23/5/2022), harga minyak goreng curah terpantau naik 5,56 persen pada hari ini dibandingkan Jumat (20/5/2022) menjadi Rp19.950 per liter.

Jika dirinci, harga minyak goreng curah paling murah terdapat di Kepulauan Riau yakni Rp15.700 per liter. Sebaliknya, harga minyak goreng curah paling mahal ada di Provinsi Papua senilai Rp28.500 per liter.

Baca Juga: Bulog Ikut dalam Pendistribusian, Harga Minyak Goreng Curah Bisa Turun?

Tak jauh berbeda, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 dan bermerek 2 juga menunjukkan kenaikan masing-masing 0,19 persen dan 0,78 persen. Alhasil harga minyak goreng kemasan bermerek 1 menjadi Rp26.800 per liter, sedangkan harga minyak goreng kemasan bermerek 2 Rp25.900 pada hari ini, Senin (23/5/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa alasan dibukanya keran ekspor CPO karena harga minyak goreng telah turun di pasaran. Menurutnya, sebelum ada pelarangan ekspor harga migor curah ada di kisaran Rp19.800/liter.

“[Namun] setelah adanya larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun jadi Rp 17.200 sampai Rp 17.600,” kata Jokowi dalam keterangan pers secara virtual, Kamis (19/5/2022).

Namun, dalam catatan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), minyak goreng curah belum cukup melimpah di pasar tradisional, sehingga harga masih di kisaran 18.000/liter bahkan ada yang 19.000/ liter.

“IKAPPI meminta kepada kementerian teknis untuk mencari formulasi yang tepat agar distribusi bisa berjalan dengan baik dan keberadaan minyak goreng melimpah di pasar,” kata Sekjen IKAPPI Reynald Sarijowan, Minggu (22/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya