SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan smartphone (Sparkyhub.com)

Solopos.com, SOLO — Transfer uang antarbank bukan hal baru di dunia perbankan. Sudah banyak pula masyarakat yang melakukannya. Lantas bagaimana bila ingin melakukan transfer yang dari luar negeri ke BRI?

Transfer uang antarbank di dalam negeri sudah biasa dilakukan dan tidak terlalu rumit. Sedangkan transfer uang dari luar negeri dulumembutuhkan waktu lebih dari sehari bahkan sampai bisa berminggu-minggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ini proses pengiriman uang dari dan ke luar negeri bisa dilakukan dalam waktu singkat atau bahkan sampai di waktu yang sama (real-time).

BRI merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan transfer uang dari luar negeri. Sebagaimana dikutip dari laman Midtrans, layanan ini dikenal dengan nama BRIfast Remittance dan melayani transaksi pengiriman uang dari beberapa negara seperti Amerika, Malaysia, Hongkong, Singapura, Korea Selatan, Jordania, Qatar, dan beberapa negara lainnya.

Baca Juga: Ini Cara Aman Transaksi Pakai Mobile Banking, ATM, dan Internet Banking

Layanan BRIfast Remittance ini tidak mengharusnya pengirim atau penerima menjadi nasabah yang memiliki rekening di BRI. Dana yang dikirim bisa langsung masuk ke rekening BRI, rekening bank lain, atau ditarik tunai.

Memanfaatkan teknologi telegraphic transfer, proses transfer uang dari luar negeri ke BRI dapat berlangsung secara cepat dan aman. Selain itu, layanan BRIfast Remittance juga mampu melakukan pengiriman uang secara otomatis untuk meminimalkan kesalahan transfer.

Adapun untuk melakukan transfer uang dari luar negeri menggunakan layanan BRIfast Remittance, ada beberapa cara berikut ini:

1. Datangi outlet bank di luar negeri yang melayani remittance atau tercatat sebagai company partner BRI.

2. Isilah formulir pengiriman uang, lengkap dengan nama penerima, alamat, dan nomor rekening tujuan—bisa berupa rekening BRI atau bank lain.

3. Serahkan formulir ke petugas yang bersangkutan agar proses transfer bisa dilanjutkan.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Uang Anda saat Melakukan Transfer Antar Bank

4. Tidak lama, dana yang dikirim akan langsung masuk ke rekening penerima atau bisa ditarik langsung secara tunai di kantor BRI terdekat di Indonesia.

Seperti layanan perbankan lain, pengirim dana tentu akan dikenakan biaya transfer uang dari luar negeri ke BRI. Namun, besaran biayanya tergantung kebijakan masing-masing bank di asal negara serta mata uang yang berlaku.

Sebagai informasi, uang yang dikirimkan ini nantinya akan diterima dalam bentuk rupiah sesuai dengan nilai tukar pada saat uang dikirim.

Cara transfer uang dari luar negeri ke BRI lainnya yang bisa dilakukan adalah melalui MoneyGram. BRI telah bekerja sama MoneyGram International.

Saat ini, setidaknya ada sekitar 350.000 agen MoneyGram yang tersebar di seluruh dunia. Bila ingin melakukan transfer uang dari luar negeri melalui MoneyGram, ada beberapa langkah yang perlu Anda tempuh, yaitu:

1. Kunjungi agen MoneyGram terdekat dengan membawa kartu identitas atau paspor.

Baca Juga: 6 Tahun Jadi Nasabah BRI, Tukang Bakso Asal Tawangsari Sukoharjo Boyong Grandprize Mobil

2. Isi formulir pengiriman dan tuliskan dengan lengkap nama penerima, nomor rekening penerima—jika transfer ke bank—atau nomor ponsel—jika transfer ke e-wallet—beserta nominal yang akan dikirimkan.

3. Catat 8 digit nomor referensi yang diberikan petugas, lalu tunggu beberapa saat.

4. Agar penerima dapat menarik dana yang dikirimkan, informasikan nomor referensi yang tadi diberikan petugas ke penerima dan dana pun langsung masuk ke rekening, e-wallet, atau dapat ditarik tunai oleh penerima di Indonesia.

Seperti halnya BRIfast Remittance, pengiriman uang ke luar negeri menggunakan layanan MoneyGram juga tidak membutuhkan waktu lama. Alhasil, dana bisa langsung ditarik secara real-time begitu proses transaksi diselesaikan pengirim di luar negeri. Cukup mudahkan cara transfer uang dari luar negeri ke BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya